Tugas Siswa

Teks Eksposisi Ekonomi Indonesia

berpikir2
Arni Putri
Ditulis Oleh arni putri

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
AR-SA

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:8.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:107%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Teks Eksposisi tentang Ekonomi Indonesia

Pertanyaan:

1.       Menurut kalian Negara manakah yang memiliki ekonomi yang paling bagus di dunia dan Negara manakah yang memiliki ekonomi paling buruk?

Jawab:

Menurut saya Negara yang memiliki perekonomian terbaika dalah Negara Amerika Serikat kerena Negara Amerika merupakan Negara maju dan berkembang. Dan Negara yang memiliki perekonomian yang buruk adalah Negara kita sendiri, Indonesia. Itu dikarenakan Negara kita merupakan Negara berkembang bukan Negara maju, disebabkan karena Negara kita tidak mampu mengolah hasil sumber daya alam yang sangat melimpah ini. Namun saya yakin, beberapa tahun kedepan Negara kita akan berubah dan dapat menjadi Negara maju dan berkembang, serta dapat mengubah perekonomiannya menjadi lebih baik lagi. Sedangkan pada tahun 2013 negara yang memiliki pereknomian paling buruk adalah Republik Afrika Tengah.

2.       Apabila dibandingkan dengan Negara lain, ekonomi Indonesia berada pada urutan ke berapa?

Jawab:

Menurut teks eksposisi yang telah saya baca, ekonomi Indonesia berada pada posisi ke 16 dunia dengan pendapatan domestik  nasional sebesar 846 miliyar dolar AS tahun 2011.

3.       Mungkinkah Indonesia memiliki ekonomi yang setara denga nekonomi Negara-negara maju?

Jawab:

Untuk memiliki ekonomi yang setara dengan ekonomi Negara-negara maju, menurut saya Indonesia memiliki peluang besar, karena Indonesia memiliki hasil bumi yang amat melimpah dan anank-anak bangsa yang luar biasa. Asalkan bisa mengolah maka Negara ini akan berubah drastis  menjadi Negara maju.

4.       Syarat-syarat apakah yang harus dipenuhi agar ekonomi Indonesia menjadi setara dengan ekonomi Negara-negara maju?

Jawab:

Syarat  yang harus dipenuhi adalah kita harus mempertahankan dan meningkatkan lagi perekonomian Indonesia. Sebenarnya kita memiliki peluang besar melebihi Negara maju lainnya, jadi kita harus bisa mengolah sumber daya alam yang amat melimpah ini dan tetap menjaga kelestariannya. Dengan mengolah sumber daya dengan baik, kita dapat meningkatkan perekonomian Indonesia.

5.       Apakah yang ditempuh olehpemerintah agar syarat-syarat itu terpenuhi?

Jawab:

Upaya yang harus dilakukan pemerintah adalah harus memberikan lapangan pekerjaan yang luas, menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada masyarakat, memberikan modal kepada masyarakat, apalagi jika masyarakat tersebut mampu mengeluarkan ide kreatif namun tidak memiliki modal.

6.       Apakah yang seharusnya ditempuh oleh setiap warga agar ekonomi Indonesia maju?

Jawab:

Setiap masyarakat harus mampu meningkatkan perekonomian dengan cara selalu bekerja keras, mengolah sumber daya dengan cerdas tanpa merusak dan selalu melestarikan sumber daya tersebut. Memanfaatkan modal yang ada dan selalu bersyukur dengan apa yang ada.

7.       Apakah yang seharusnya dilakuakan oleh sekolah agar ekonomi Indonesia maju?

Jawab:

Hal yang harus dilakukan oleh pihak sekolah adalah dengan membekali siswa-siswi dengan ilmu-ilmu yang dapat memotivasi agar sisiwa selalu bekerja keras, mampu mengeluarkan pendapat atau ide-ide yang dimilikinya, melatih siswanya untuk mengolah perekonomian, baik di pada dirinya, lingkungan sekolah, maupun pada masyarakat.

8.       Apakah yang dapat kalian lakukan agar ekonomi Indonesia maju?

Jawab:

Upaya yang harus dilakukan adalah dengan selalu belajar dan mengasah keterampilan agar dapat merubah perekonomian menjadi lebih maju dan dapat memberantas tangan-tangan jahil yang merusak kekayaan alam dan kedamaian Negara.

Tentang Penulis

Arni Putri

arni putri

Tinggalkan Komentar