Tugas Siswa

Teks Eksposisi karangan sendiri oleh kelompok 4

teh
Calsha Satya Nanda
Ditulis Oleh Calsha Satya nanda

Teh

       Teh adalah salah satu minuman bermanfaat bagi kesehatan. Seperti melatih ketenangan dan fokus, membuat mata indah, dan berdasarkan informasi yang kami dapatkan teh ternyata juga dapat mencegah penyakit kanker. Teh memiliki banyak jenis yang  tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Seperti teh hijau,teh hitam atau teh putih dan teh lainnya. Walupun banyak macam teh yang ada di dunia, semuanya sama-sama mempunyai manfaat.

            Cara mengobati penyakit kanker yaitu dengan mengonsumsi teh minimal 1 kali sehari maksimalnya 2-3 kali sehari. Teh juga dapat menyegarkan tubuh agar lebih semangat. Tetapi, the tidak boleh diminum pada saat sedang makan, karena teh dapat menghilangkan zat besi yang ada dimakanan yang kita makan dan akan menjadi racun didalam tubuh.

            Jadi, teh sangat banyak manfaatnya. Teh dapat membantu kita dalam masa pendidikan saat ini, mencegah penyakit, bahkan teh dapat bermanfaat untuk kecantikan.

 

 

Analisis Teks Eksposisi

a. Struktur

a.     Pernyataan
Teh adalah salah satu minuman bermanfaat bagi kesehatan. Seperti melatih ketenangan dan fokus, membuat mata indah, dan berdasarkan informasi yang kami dapatkan teh ternyata juga dapat mencegah penyakit kanker. Teh memiliki banyak jenis yang  tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Seperti teh hijau,teh hitam atau teh putih dan teh lainnya. Walupun banyak macam teh yang ada di dunia, semuanya sama-sama mempunyai manfaat

b.     Augmentasi

Cara mengobati penyakit kanker yaitu dengan mengonsumsi teh minimal 1 kali sehari maksimalnya 2-3 kali sehari. Teh juga dapat menyegarkan tubuh agar lebih semangat. Tetapi, teh tidak boleh diminum pada saat sedang makan, karena teh dapat menghilangkan zat besi yang ada dimakanan yang kita makan dan akan menjadi racun didalam tubuh.

c.      Penegasan ulang

Jadi, teh sangat banyak manfaatnya. Teh dapat membantu kita dalam masa pendidikan saat ini, mencegah penyakit, bahkan teh dapat bermanfaat untuk kecantikan.

 

d.     Jenis teks eksposisi : Eksposisi definisi

Ciri kebahasaan :

1. Kata sifat : ketenangan, fokus, indah, menyegarkan, semangat

2. Kata benda : teh, mata, teh hijau, teh putih, teh hitam, racun.

3. Konjungsi : dan, yang, karena, atau, walaupun, jadi, dengan, tetapi, bahkan.

 

 

 

Tentang Penulis

Calsha Satya Nanda

Calsha Satya nanda

Tinggalkan Komentar