Tugas Siswa

TOKO IKAN HIU

gambar ikan hiu (7)
Isasmi hana Ikram
Ditulis Oleh isasmi hana ikram

                                                          TOKO IKAN HIU

Pada suatu pagi, seorang ibu-ibu pergi kepasar ingin membeli ikan hiu untuk makannya bersama keluarganya. 

Sudah lama berkeliling, Ibu itu tidak mendapatkan toko penjual ikan hiu. Merasa lelah, ibu tersebut pun beristirahat sebentar ditoko penjual ikan lele.’ada yang bisa saya bantu?” ucap pelayan itu. “dimana toko ikan hiu, mbak?” tanya ibu tersebut. “ahh, toko ikan hiu ya!” jawab mak tersebut dengan espreksi tersenyum.” Anda tahu?” ibu tsb kembali bertanya. ” Anda bisa lurus dari sini dan disitu ada persimpangan dan anda belok kekanan!” jelas mbak tersebut dengan atraksi tangannya. 

Siibu kurang jelas dengan penjelasan mbak tersebut. ” mau saya atraksikan dengan apa? anda harus cepat menangkap penjelasan saya!” jawab pelayan tersebut. Merasa dirinya dihina, Siibu pun marah dan segera keluar dari toko ikan lele tersebut. 

Tapi diam-diam , siibu menuruti arahan dari sipelayan tadi. setelah sampai ditempat arahan yang dijelaskan dari pelayan tadi. Disana tertampang ‘TOKO IKAN HIU”. Siibu tersebut pun senang dan segera masuk kedalamnya. Pelayan didalamnya pun menuntun siibu tersebut.” anda mau boneka apa, buk?” tanya pelayan tersebut. Siibu pun terkejut dan kembali bertanya” kok larinya keboneka sih,mas?”. Sipelayan tersebut keheranan.”Apa maksud anda?” tanyanya. ” Bukannya ini toko ikan hiu?” tanya siibu kembali. ” seperti anda sudah salah, ini adalah toko boneka ikan hiu jawab pelayan tersebut. siibu diam sambil bertunduk malu dan tidak berkutik.

Menganalisis Teks Anekdot

1.Abstrak: Pada suatu pagi, seorang ibu-ibu pergi kepasar ingin membeli ikan hiu untuk makannya bersama keluarganya. 

2.Orientasi: Sudah lama berkeliling, Ibu itu tidak mendapatkan toko penjual ikan hiu. Merasa lelah, ibu tersebut pun beristirahat sebentar ditoko penjual ikan lele.’ada yang bisa saya bantu?” ucap pelayan itu. “dimana toko ikan hiu, mbak?” tanya ibu tersebut. “ahh, toko ikan hiu ya!” jawab mak tersebut dengan espreksi tersenyum.” Anda tahu?” ibu tsb kembali bertanya. ” Anda bisa lurus dari sini dan disitu ada persimpangan dan anda belok kekanan!” jelas mbak tersebut dengan atraksi tangannya. 

Krisis: Siibu bertanya kepada pelayan ,karna kurang jelas apa yg dikatakan oleh pelayan tsb,siibu bertanya kembali kepada pelayan itu.lalu pelayan itu berkata  ” mau saya atraksikan dengan apa? anda harus cepat menangkap penjelasan saya!” jawab pelayan tersebut. Merasa dirinya dihina, Siibu pun marah dan segera keluar dari toko ikan lele tersebut. 

Reaksi: Tapi diam-diam , siibu menuruti arahan dari sipelayan tadi. setelah sampai ditempat arahan yang dijelaskan dari pelayan tadi. Disana tertampang ‘TOKO IKAN HIU”. Siibu tersebut pun senang dan segera masuk kedalamnya. 

Koda: ” seperti anda sudah salah, ini adalah toko boneka ikan hiu jawab pelayan tersebut. siibu diam sambil bertunduk malu dan tidak berkutik.

 

Tentang Penulis

Isasmi hana Ikram

isasmi hana ikram

Tinggalkan Komentar