Tugas Siswa

TUGAS BAHASA INDONESIA PENGGANTI MID SEMESTER 2 BY DEA AYU PARAMITA

Gambar Bunga Mawar
DeaAyu Paramita
Ditulis Oleh DeaAyu Paramita

1.TEKS NEGOSIASI

 

“MENGINAP DI RUMAH TEMAN”

            Siang hari,setelah selesai makan siang,Jihan berkeinginan untuk menginap di rumah temannya.Ia ingin mengerjakan tugas Bahasa Indonesia beserta tugas lainnya.Kemudian,Jihan melakukan negosiasi dengan ibunya.

Jihan  : Siang,ma?

Mama : Siang juga,han? Hmm,,tumben kamu nyapa mama,ada apa han?

Jihan  : Ma,hari ini aku boleh menginap di rumah temen gak?

Mama : Menginap? Emangnya ada apa?

Jihan  : Aku mau buat tugas Bahasa Indonesia,sekalian buat tugas yang lainnya dan lusa,semua tugas harus dikumpulkan.

Mama : Oooh gitu…Berapa hari mau menginap?

Jihan  : 2 hari aja,ma?

Mama : Gak bisa,itu kelamaan.Soalnya,besok kan kita ada acara pengajian dirumah.Nanti gak ada yang bantuin mama dirumah.

Jihan  : Kalau satu hari aja gimana,ma? Nanti,kalau tugasnya  belum selesai,diselesain dirumah aja deh.

Mama : Boleh juga tuh,mama setuju.

Jihan  : Makasih,ma.

Mama : Iya,sama-sama.

Jihan  : Ya udah kalau gitu aku berangkat dulu ya.

Mama : Iya,hati-hati dijalan.

Jihan  : Iya,ma.

 

 

 

 

 

Struktur Teks Negosiasi

1.Orientasi     : Kalimat pembuka,biasanya ucapan salam.Fungsinya untuk memulai    negosiasi.

Siang hari,setelah selesai makan siang,Jihan berkeinginan untuk menginap di rumah temannya.Ia ingin mengerjakan tugas Bahasa Indonesia beserta tugas lainnya.Kemudian,Jihan melakukan negosiasi dengan ibunya.

Jihan  : Siang,ma?

Mama : Siang juga,han? Hmm,,tumben kamu nyapa mama,ada apa han?

2.Permintaan            : Suatu hal berupa keinginan seseorang melakukan negosiasi.

Jihan  : Ma,hari ini aku boleh menginap di rumah temen gak?

3.Pemenuhan          : Kesanggupan untuk memenuhi permintaan

Mama : Menginap? Emangnya ada apa?

4.Penawaran            : Puncak nya negosiasi terjadi,yaitu kedua pihak saling tawar menawar

Mama : Oooh gitu…Berapa hari mau menginap?

Jihan  : 2 hari aja,ma?

Mama : Gak bisa,itu kelamaan.Soalnya,besok kan kita ada acara pengajian dirumah.Nanti gak ada yang bantuin mama dirumah.

Jihan  : Kalau satu hari aja gimana,ma? Nanti,kalau tugasnya  belum selesai,diselesain dirumah aja deh.

5.Persetujuan           : Kesepakatan antara kedua belah pihak terhadap negosiasi yang telah dilakukan

Mama : Boleh juga tuh,mama setuju.

6.Penutup     : Kalimat penutup,biasanya ucapan salam atau terima kasih

Jihan  : Makasih,ma.

Mama : Iya,sama-sama.

Jihan  : Ya udah kalau gitu aku berangkat dulu ya.

Mama : Iya,hati-hati dijalan.

Jihan  : Iya,ma.

 

Partisipan

1.Jihan,sebagai orang yang mengajukan permintaan

2.Mama,sebagai orang yang mengajukan penawaran           

 

2.SURAT PENAWARAN

Contoh surat penawaran yang salah

Surat Permintaan Penawaran Jakarta, 01 Juni 2017
No : 105/TVL/2017
Hal: Permintaan Penawaran
Lampiran : 1 lembar

Dengan Hormat,
Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perjalanan.Perusahaan kami melayani perjalanan haji dan umroh,perjalanan keluar kota & keluar negri.Perjalanan tersebut dilengkapi dengan menginap di hotel ala bintang 5 dan beberapa fasilitas yang mendukung.Tak hanya itu,Travel Indo juga melayani pembelian tiket pesawat,kereta dan pemesanan hotel.

Untuk itu,kami berkeinginan untuk menawarkan layanan kami kepada PT.Sentosa,dengan harapan akan menjalin kerja sama yang baik dan saling menguntungkan

Demikian surat penawaran dari kami,semoga bisa saling membantu dengan kerja sama yang baik.

Hormat kami

PT.SENTOSA

 

 

 

 

 

 

 

 

Kekurangan yang terdapat di dalam surat penawaran di atas adalah

·         Tidak terdapat kop surat

·         Letak penulisan tanggal salah,seharusnya ditulis dibawah kop surat.Letaknya ditepi atas sebelah kanan

·         Dibawah nya,sejajar dengan nomor surat,seharusnya ditulis kepada siapa surat penawaran itu ditujukan

·         Surat penawaran tersebut tidak dilengkapi dengan alamat tujuan surat

·         Surat penawaran tersebut tidak dilengkapi tanda tangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Description: C:\Users\User\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Logo-Traveloka.png   PT.TRAVELL INDO

Jl.Jendral Sudirman No.128,Jakarta

No.Telepon : 081268577002/Kode pos : 25572

Email : Travellindo@yahoo.com

 

No                   : 105/TVL/2017                                                         Jakarta,01 Juni 2017
Hal                  : Permintaan Penawaran
Lampiran       : 1 lembar

 

Yth.PT.Sentosa

Jl.Iskandar Muda No.15

Palembang

 

Dengan Hormat,
Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perjalanan.Perusahaan kami melayani perjalanan haji dan umroh,perjalanan keluar kota & keluar negri.Perjalanan tersebut dilengkapi dengan menginap di hotel ala bintang 5 dan beberapa fasilitas yang mendukung.Tak hanya itu,Travel Indo juga melayani pembelian tiket pesawat,kereta dan pemesanan hotel
.

Untuk itu,kami berkeinginan untuk menawarkan layanan kami kepada PT.Sentosa,dengan harapan akan menjalin kerja sama yang baik dan saling menguntungkan

Demikian surat penawaran dari kami,semoga bisa saling membantu dengan kerja sama yang baik.

 

Hormat kami

 

PT.Travell Indo

 

“BAMBANG SETIAWAN’’

            Bambang setiawan adalah seorang teknisi pesawat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Engineer pada salah satu maskapai penerbangan bernama Sriwijaya air.Ia lahir di Medan,6 april 1980.Ia adalah anak pertama dari 4 bersaudara.Ayahnya bernama Edi nasir dan ibunya bernama Kartini.Dahulu,ayahnya bekerja sebagai karyawan di PT.Wika namun,beliau memberhentikan diri dari pekerjaannya.Kini,ayahnya tidak bekerja dan hanya menetap di rumah menikmati masa tua.Ibunya merupakan seorang pedagang kaki lima yang setiap hari berjualan di pasar Lubuk buaya.Bambang setiawan menikah dengan Siti sharah maryam dan dari pernikahannya tersebut ia dikaruniai 2 orang anak yang bernama Sabrina sachie dan Alisha asami.
            Awal pendidikannya dimulai saat ia bersekolah sd di SDN 01 Lubuk alung.Kemudian,masuk SMP Taman siswa,Padang dan melanjutkan sekolah ke STM IPTEK,Jakarta.Setelah tamat sma,beliau kuliah di Universitas Suryadarma jurusan teknik aeronautika.Bambang setiawan terlahir dari kalangan keluarga yang kurang berada.Kondisi ekonomi yang terbilang pas pas an tak membuat ia patah semangat untuk bersekolah.Orang tuanya pun mendukung,dan mereka rela melakukan apa pun supaya anak nya berhasil.Ibunya sampai pernah berhutang,demi membayar uang sekolah anak nya.Bambang setiawan dikenal sebagai seorang yang pekerja keras.Untuk membiayai kuliah nya,ia bekerja sambil berkuliah.Ia bekerja sebagai pemain orgen tunggal pada acara pesta perkawinan.
            Tamat kuliah,Bambang mencoba melamar pekerjaan pada maskapai penerbangan garuda indonesia.Setelah cukup lama bekerja,timbulah keinginan untuk naik jabatan menjadi seorang engineer pesawat.Syarat menjadi seorang engineer harus memilik lesson.Akhirnya ia memutuskan untuk sekolah lagi.Tapi,pada saat itu tidak ada biaya.Akhirnya ibunya meminjam dana ke saudara laki-laki ibunya.Berkat doa dan kegigihannya,akhirnya ia lulus dan mendapatkan lesson tersebut.Ia pun mencoba melamar ke perusahaan sriwijaya air dan akhirnya diterima.Kemudian ia bekerja disana.
            Bambang setiawan dikenal sebagai sosok yang ulet,rajin dan pekerja keras.Sehingga membuat bos nya kagum padanya.Bos nya menawarkan untuk ia sekolah lagi dengan biaya sepenuhnya ditanggung perusahaan.Dengan ia sekolah lagi,ia bisa terbang ke luar negri dan bisa mengecek pesawat yang lebih canggih.Tanpa pikir panjang,Bambang pun menyetujui.Setelah mengikuti beberapa tes,akhirnya bambang dinyatakan lulus.Kini,ia bekerja sebagai engineer tetap di Sriwijaya air.

Kepribadian unggul tokoh

Bambang setiawan dikenal sebagai seseorang yang pekerja keras,terlihat pada saat ia bekerja sebagai pemain orgen tunggal untuk membiayai kuliahnya.Selain itu,Bambang setiawan juga memiliki sifat ulet,gigih dan rajin,berkat keuletannya dan kegigihannya,ia ditawarkan sekolah lagi dengan biaya seluruhnya  ditanggung perusahaan dan mengantarkan nya menjadi orang sukses.
DEBAT
Moderator      : Selamat siang semuanya,terima kasih atas kehadiran rekan rekan pada siang ini,baiklah sekarang kepada masing-masing tim untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu

Tim Afirmasi : (memperkenalkan diri)

Tim Oposisi   : (memperkenalkan diri)

Tim Netral      : (memperkenalkan diri)

Berita mengenai ketetapan pemerintah dalam hal penggunaan internet dalam lingkungan sekolah,lalu banyaknya dampak positif dan dampak negative dari penggunaan internet di sekolah,jadi bagaimana dampak yang akan ditimbulkan dari penggunaan internet dalam lingkungan sekolah?

Tim Afirmasi : Internet adalah jendela dunia.Semua ilmu pengetahuan ada di dalamnya.Internet sangat banyak sekali manfaat nya,terutama bagi siswa.Karena mereka bisa mencari materi pelajaran,menjawab pertanyaan soal yang tidak diketahui,dan yang lainnya.Maka dari itu,gunakan internet secara bijak dan efisien agar dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tim Opisisi    : Memang internet banyak manfaatnya,tapi kebanyakan siswa sekarang menggunakan internet hanya untuk browsing di social media.Apalagi social media pada saat sekarang ini banyak melakukan promosi,sehingga membuat kita lupa akan manfaat sesungguhnya dari internet.

Tim Netral      : Internet memang memberikan dampak positif dan negatif,meski demikian apa yang akan kita dapat dari internet tergantung dari kita menggunakannya.

ANALISIS UNSUR

1 Mosi            : Hal atau topik yang diperdebatkan

2 Tim Afirmasi: tim yang setuju terhadap hal diperdebatkan.

3 Tim Oposisi : Tim yang tidak setuju atau menentang mosi

4.tim netral    : Tim yang memberikan argumen 2 sisi,baik dukungan maupun sanggahan terhadap mosi

5 Moderator   : Orang yang memimpin jalannya debat.

6 penulis       : orang yang memilih kesimulan suatu debat

ANALISIS STRUKTUR                                             

1 Pengantar (isu) : penggunaan internet dalam lingkungan sekolah

2 Argumentasi          : bagaimana dampak yang akan ditimbulkan dari penggunaan internet dalam lingkungan sekolah?

3 Kesimpulan           : Internet memang memberikan dampak positif dan negatif,meski demikian apa yang akan kita dapat dari internet tergantung dari kita menggunakannya.

CARA MENYIMPULKAN TEKS DEBAT

1 generalisasi : penarikan kesimpulan ini dengan cara umum biasanya menggunakan kata jadi.

2 sebab akibat : dalam pola ini sebab bisa menjadi gagasan utamanya,sedangkan akibat menjadi gagasan penjelasan

 

 

Tentang Penulis

DeaAyu Paramita

DeaAyu Paramita

Tinggalkan Komentar