Tugas Siswa

Tugas biografi di buku cetak bahasa indonesia

kamucatk
Nayundaandhika Sari
Ditulis Oleh Nayundaandhika Sari

Hal 214

1.       Mengapa teks tersebut tergolong ke dalam teks biografi?

Jawab: Karna, menceritakan tentang perjalanan hidupnya.

2.       Apakah isi teks tersebut?

Jawab: Fatmawati adalah ibu Negara pertama  dari presiden pertama soekarno . dan Fatmawati  dikenal sebagai penjahit  bendera pusaka  Indonesia.

3.       Bagaimanakah pola penyajiannya?

Jawab: Alur ceritanya maju, sudut pandang  orang ketiga serba tahu, gaya penulisannya deskriptif naratif, focus penceritaanya adalah  sebagai orang yang menjahit bendera pusaka.

4.       Siapakah nama tokoh yang biografinya sedang di ceritakan?

Jawab: Fatmawati soekarno

5.       Apa perannya sehingga ia layak dibuatkan biografi?

Jawab: penjahit bendera pusaka merah putih dan istri soekarno.

6.       Bagaimana masa kecilnya?

Jawab:  Bibit jati diri denga prinsip yang teguh dan kokoh. Yang di sertai kemandirian yang kuat telah tersemai pada mada remaja fatmawati. Fatmawati menjadi seorang anak yang tidak sekedar patuh pada tradisinya, tetapi lebih cenderung untuk menyikapi segala  bentuk potret kehidupan sosio kulturalnya. Pada usia sekolah Fatmawati ini telah menimpa diri dengan mengaji pada sore hari oleh datuknya maupun guru agamanya. Bahkan di usia yang masih remaja atau boleh di bilang masih anak-anak. Fatmawati telah mengalami kecerahan yang cukup matang sehingga mampu melampaui batas nilai kapasitas umumnya anak remaja. Bersekolagh dambil berjualan untuk membantu meringankan beban orang tua, menunggu warung, serta berobat sendiri kerumah sakit, merupakan bukti diri akan semangat kemandirian dan rasa percaya diri yang matang dan untuk umur usia yang baru berusia 7 tahu itu sangatlah mengagumkan.

7.       Bagaimanakah masa mudanya?

Jawab:  Fatmawati menikah saat ia berusia  20 tahun oleh Soekarno.  Ia menikah pada tanggal 1 juni 1943, fatmawati diantar oleh orang tuanya berangkat ke Jakarta melalui jalur darat. Sejak itu Fatmawati mendampingi bung karno dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Perjalanan sepasang merpati penuh cinta ini dikaruniai 5 orang anak  putra dan putri.

8.       Kesulitan atau masalah apa yang pernah dialaminya?

Jawab:  Soekarno meminta cerai kepada fatmawati ( masalah )

               ( kesulitan ) adanya siste kolonialisme yang dijalankan oleh pemerintah Hindia                 

Belanda.

9.       Bagaimana ia mengatasi kesulitan – kesulitan itu?

Jawab: Dengan cara bersabar dan pantang menyerah.

10.   Karya apa saja yang telah dibuatnya?

Jawab:  Menjahit bendera pusaka Indonesia.

11.   Apabila bertemu dengan tokoh tersebut, apa yang akan kamu lakukan atau tanyakan?

Jawab: Ingin bertanya Bagaimana perjuangannya sebelum Indonesia merdeka.

 

 

 

Hal 225

1.       Kutpan Teks Biografi:  Fatmawati merupakan orang penyabar dan mengayomi.

Kepribadian unggul :  Sosok panutan

        

2.       Kutipan Teks Biografi:  Pada saat ia bersekolah ia berjualan untuk membantu meringankan beban kedua orang tuanya, menunggu warung, dan berobat sendiri ke rumah sakit.

Kepribadian Unggul:  Pekerja keras dan Mandiri.

 

3.       Kutipan Teks Biografi: Kedua orang tuanya ia rela berjualan sambil bersekolah dan merupakan bukti diri akan semangat  kemandirian dan adanya rasa percaya diri yang matang.

Kepribadian Unggul: Berbakti kepada orang tuan.

 

 

Hal  223

*Aspek : Alur cerita ( semua beralur maju)

*Fatmawati: Cerita  diawali dengan identitas diri, Perjalan,pendidikan, keluarga,permasalahan dalam rumah tangga. Karir fatmawati yaitu menjahit bendera pusaka Indonesia.  Lalu diakhiri dengan meninggalnya Fatmawati.

*Sudut Pandang: Orang ketiga serba tahu.

*Gaya Penulisan: Deskriptif Naratif.

*Fokus Pencerita: Menjahit bendera pusaka  Indonesia.

 

     Hal 228

1.       Kutipan Teks: Fatmawati merupakan ibu Negara pertama dari presiden pertama  Yaitu Soekarno. Dan dikenal juga sebagai penjahit bendera pusaka Indonesia yang dikibarkan pada tanggal 17 agustus 1945. Fatmawati lahir senin 5 februari 1923 di kota Bengkulu.

Pokok Informasi: Fatmawati adalah penjahit bendera pusaka Indonesia yang lahir pada hari senin 5 februaru 1923 si Bengkulu.

2.       Kutipan teks: Semasa kecil Fatmawati penuh rintangan dan kesulitan ia bersekolah sambil berdagang untuk meringankan beban orang tuanya.

Pokok Informasi: Peran Fatmawati sebagai seorang pekerja keras.

3.       Kutipan Teks: Fatmawati mendapat banyak simpati,karna sikap yang ramah tamah dan mudah bergaul dari berbagai lapisan masyarakat.

 

Hal 233

1.       Cara Tidak Langsung:

        Seorang anak yang mandiri dan pekerja keras ia rela bersekolah sambil berdagang dan berobat kerumah sakit sendiri. Sampai ibunya berkata “ Anak yang pemberani nian , sorang ajonyo kerumah sakit idaknyo takut-takut jo dokter,”katanya.

Cara Langsung: Fatmawati merupakan anak yang pekerja keras dan mandiri ,menunggu warung dan berobat sendiri kerumah sakit.

2.        Cara Tidak Langsung:  “ kami tidak pernah merayakan pernikahan perak atau pernikahan emas. Sebab kami anggap itu soal remeh, sedangkan  kami selalu dihadapkan pada persoalan besar yang hebat dan dahsyat.

Cara Langsung:  Ibu fatmawati  dan Bung karno tidak pernah merayakan ulang tahun perkawinan, jangankan kawin perak atau kawin emas, ulang tahun pernikahan 1 2 dan 3 saja tidak pernah. Sebabnya tak lain karena keduanya tidak pernah ingat kapan menikah. Ini bias dimaklumi karena data berlangsungnya pernikahan, zaman sedang dibalut perang. Saat itu perang dunia 2 sedang berkecamuk dan jepang baru datang untuk menjajah Indonesia.

 

 

Hal 215

1 Kutipan Teks: fatmawati merupkan seorang penjahit bendera pusaka merah putih yang lahior dikota Bengkulu pada tanggal 5 februari 1923. Masa kecinya penuh tantangan dan rintangan, akibat system kolonialisme yang dijalankan oleh pemerintah Hindia Belanda. Tidak banyak  diketahui  orang bahwa sebenarnya fatmawati merupakan keturunan dari kerajaan Indrapura Mukomuko. Sang ayah Hassan din adalah keturunan ke 6 dari kerajaan Putri bunga Melur. Diartikan adalah putri yang cantik,sederhana,dan bijaksana. ( ORIENTASI )

2.Hari Jumat di bulan Ramadhan, pukul 05.00 pagi, fajar 17 Agustus 1945 memancar di ufuk timur kala, embun pagi masih menggelantung di tepian daun, para pemimpin bangsa dan para tokoh pemuda keluar dari rumah Laksamana Maeda, dengan diliputi kebanggaan setelah merumuskan teks Proklamasi hingga dinihari. Mereka, telah sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia hari itu di rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta, pada pukul 10.00 pagi. Tepat pukul 10.00, dengan suara mantap dan jelas, Soekarno membacakan teks proklamasi, pekik Merdeka pun berkumandang dimana-mana dan akhirnya mampu mengabarkan Kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia. ( PERISTIWA-PERISTIWA PENTING).

3. Rumah Sakit Fatmawati pada mulanya bernama Rumah Sakit Ibu Soekarno, terletak di Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Wilayah Jakarta Selatan, Didirikan pada tahun 1954 oleh Ibu Fatmawati Soekarno. Semula direncanakan untuk dijadikan sebuah Sanatorium Penyakit Paru-paru bagi anak-anak. Pada tanggal 15 April 1961 penyelenggaraan dan pembiayaan rumah sakit diserahkan kepada Departemen Kesehatan sehingga tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi RS Fatmawati. Dalam perjalanan RS Fatmawati, tahun 1984 ditetapkan sebagai Pusat Rujukan Jakarta Selatan dan tahun 1994 ditetapkan sebagai RSU Kelas B Pendidikan.

Di Kota Bengkulu, sebagai kota kelahiran Ibu Fatmawati, Pemerintah Daerah beserta seluruh elemen memberikan apresiasi terhadap Ibu Fatmawati. Sebagai bentuk penghargaan dan sekaligus untuk mengenang Ibu Fatmawati, maka pada tanggal 14 Nopember 2001, Bandar Udara Padang Kemiling diubah menjadi Bandar Udara Fatmawati. Perubahan nama Bandar udara ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri. Perjuangan Ibu Fatmawati selama masa sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan diakui oleh Pemerintah Pusat, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 118/TK/2000 tanggal 4 Nopember 2000 oleh Presiden Abdurrahman Wahid, maka Pemerintah Republik Indonesia memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Ibu Fatmawati.

 

Hal 236

 

1.       Kutipan Teks:  semasa kecilnya ia bersekolah sambil berjualan untuk membantu meringankan pekerjaan orang tuanya, menunggu warnu bahkan berobat sendiri kerumah sakit, merupakan bukti diri akan semangat kemandirian dan rasa percaya diri yang matang, dan untuk umur  ang baru beranjak 7 tahun.

Analisis: A. Kata ganti yang digunakan adalah ia,dan –nya(kata ganti milik) yang divariasikan  dengan penyebutan namanya Fatmawati.

                B. kata kerja  tindakan menunggu,membantu.

                c. kada deskriptif: Mandiri

                d.kata kerja pasif: menjual

                e. kata kerja mental: membantu

                f. kata sambung yang menghubungkan waktu: pada.

 Nama: Nayunda Andhika Sari.

Kelas: X IIS 1

Tentang Penulis

Nayundaandhika Sari

Nayundaandhika Sari

Tinggalkan Komentar