Tugas Siswa

Tugas Buku Paket

Screenshot_2017-05-08-16-23-57-1
Melda Agus
Ditulis Oleh melda agus

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Tugas halaman 182

 Penyerapan Kosakata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia Dengan Bahasa Lain

MODERATOR:

Selamat siang, 

   Siang ini kita akan mengikuti kegiatan debat antara Tim afirmasi dari SMA Pembagunan Jaya, Tim Oposisi dari SMK Nusantara,  Serta Tim Netral dari MA AL-Ikhlas. 

   Pagi ini kedua tim akan berdebat tentang “Penyerapan Kosakata Bahasa Asing Bukti Ketidakmampuan Bahasa Indonesia Dengan Bahasa Lain”

   Sebelum melaksanakan debat,  saya akan membacakan tata tertib debat sebagai berikut.

………………………………………………………………………..

    Selanjutnya, saya berikan kesempatan kepada juru bicara setiap tim untuk memperkenalkan diri. 

………………………………………………………………………..

Tim Afirmasi :  (Memperkenalkan diri) 

Tim Oposisi  :   (Memperkenalkan diri) 

Tim Netral     :   (Memperkenalkan diri) 

 

MODERATOR :

Dewasa ini bahasa indonesia terus berkembang dan mulai diakui sebagai bahasa internasional.  Namun,  dalam perkembangannya terbukti bahwa bahasa indonesia banyak menyerap kosakata asing. Untuk berkembang, bahasa indonesia sangat tergantung pada bahasa asing. Bahkan ada yang beranggapan bahwa kosakata bahasa asing masuk ke dalam penggunaan bahasa indonesia karena ketidakberdayaan bahasa indonesia dalam interaksi antar bahasa. 

   Anggapan inilah yang akan kita bahas dalam debat kali ini. Untuk putaran pertama saya persilakan secara bergantian Tim Afirmasi,  Tim Oposisi,  dan Tim Netral untuk menyampaikan pendapatnya. 

………………………………………………………………………..

Tim Afirmasi :

   Saya setuju bahwa kosakata bahasa asing masuk ke dalam penggunaan bahasa indonesia karena ketidakberdayaan bahasa indonesia dalam interaksi antarbahasa. Bahasa Indonesia tidak dapat dilepaskan dari bahasa lain,  baik dari bahasa daerah maupun bahasa asing.  Perananan bahasa asking dalam Bahasa Indonesia membuktikan Ada yang kontak atau hubungan antarbahasa sehingga penyerapan Bahasa-bahasa asing kedalam Bahasa  Indonesia. Bahasa indonesia mengandalkan bahasa kosakata asing yang kemudian dibakukan menjadi bahasa indonesia.  Hal tersebut membuktikan bahwa bahasa indonesia tergantung pada bahasa asing, juga menjadi bukti bahwa bahasa indonesia sulit dipakai berkomunikasi tanpa bantuan kosakata asing. 

   Dengan masuknya kosakata bahasa asing kedalam bahasa indonesia semakin banyak orang yang mampu berkomunikasi dengan baik sehingga proses transfer ilmu pengetahuan berjalan dengan cepat.  Bukti bahwa bahasa indonesia tidak berdaya untuk berinteraksi antar bahasa dapat kita lihat pada penggunaan kata vitamin, yang diserap dari kosakata bahasa asing yang jika dijelaskan dengan bahasa indonesia tentu para laku bahasa mengerti.  Namun,  dengan adanya kosakata serapan dari bahasa asing, hal tersebut mempermudah kita dalam pelafalan, pemahaman, sekaligus menjadi interaksi antarbahasa menjadi lebih mudah.  Tanpa bantuan bahasa asing yang masuk ke dalam bahasa indonesia, bahasa indonesia belum mampu menunjukkan eksistensinya dalam interaksi antarbahasa.

   Banyak kosakata serapan dari bahasa asing sehingga peran bahasa indonesia masih diragukan.  Banyak orang yang lebih familiar dengan kosakata serapan dari bahasa asing dibandingkan dengan bahasa indonesia.  Oleh karena itu, saya tetap setuju bahwa kosakata bahasa asing yang masuk ke dalam bahasa indonesia membuktikan ketidakberdayaan bahasa indonesia dalam interaksi antar bahasa. 

 

Tim Oposisi  :

   Saya tidak setuju jika kosakata bahasa asing yang masuk ke dalam penggunaan bahasa indonesia terjadi karena ketidakberdayaan bahasa indonesia dalam interaksi antar bahasa.  Kosakata bahasa asing masuk ke dalam bahasa indonesia hanya digunakan sebagai persamaan kata yang bagi sebagian orang lebih mudah difahami. Namun,  pada intinya dalam bahasa indonesia itu sendiri, telah ada kosakata yang berkaitan dengan kosakata asing tersebut. Misalkan kata snack yang lebih kita dengar di kalangan masyarakat.  Dalam bahasa indonesia snack berarti makanan ringan.  Dengan demikian, masuknya kosakata asing hanya sebagai variasi kata bagi sebagian kalangan. 

   Bahasa indonesia mampu untuk berinteraksi antarbahasa karena memiliki banyak variasi kosakata.  Kosakata bahasa asing hanya digunakan dan dimengerti bagi kalangan tertentu saja.  Namun, bahasa indonesia dimengerti dan digunakan hampir semua kalangan. Itu artinya,  meskipun banyak kosakata bahasa asing yang masuk ke dalam bahasa indonesia,  eksistensi dari bahasa indonesia lebih tinggi dibandingkan dengan kosakata bahasa asing yang telah dibakukan maupun yang belum dibakukan kedalam bahasa indonesia. 

   Bahasa indonesia maupun berinteraksi dengan bahasa lain tanpa bantuan dari bahasa asing dan masuknya kosakata bahasa asing bukan disebabkan oleh karena ketidakberdayaan bahasa indonesia dalam interaksi antar bahasa.  Namun, hal ini terjadi karena masyarakat yang ingin selalu merasa berpendidikan tinggi dan merasa terhormat jika menggunakan kosakata bahasa asing.  Dengan demikian, saya tetap tidak setujujoka kosakata bahasa asing yang masuk ke dalam penggunaan bahasa asing menunjukkan ketidakberdayaan bahasa indonesia dalam interaksi antarbahasa. 

………………………………………………………………………..

 

Tim Netral :

Saya sebagai pihak netral berpendapat bahwa kemampuan bahasa indonesia dalam interaksi antarbahasa dapat diwujudkan jika porsi penggunaan bahasa indonesia seimbang dengan kosakata bahasa asing.  Apabila seseorang menggunakan bahasa asing yang telah dibakukan seperti pada kata atom, vitamin, unit.  Tentunya ini bukan merupakan masalah karena bahasa asing itu sudah menjadi padanan dalam bahasa indonesia.  Akan tetapi, apabila pengguna bahasa indonesia menggunakan bahasa asing yang belum dibakukan,ini menjadi suatu ancaman terhadap bahasa kita tercinta ini. Penggunaan kosakata asing dalam bahasa indonesia tidak selalu diidentikkan karena dampak negatif karena terselip hal positif, yakni dapat mempermudah kegiatan berkomunikasi,  khususnya dalam tuturan yang didalamnya terdapat bahasa asing yang terasa lebih akrab di telingga dibandingkan dengan padanan bahasa indonesianya. 

   Namun,  diharapkan adanya sosialisasi terhadap padanan bahasa indonesia secara intensif agar identitas kosakata pada bahasa indonesia tidak terkikis oleh kosakata dari bahasa asing. Kelak, diharapkan tidak lagi terdapat wacana bahwa kosakata bahasa asing lebih akrab  di telingga para pengguna bahasa indonesia dibandingkan dengan bahasa indonesia sendiri. 

 

Tugas 1

1.      Sebutkan unsur-unsur dalam teks debat!

a.       Mosi : topik yang sedang diangkat dalam sebuah debat

b.      Afirmasi : tim yang mendukung  mosi yang diangkat

c.       Oposisi : tim yang menentang atau tidak setuju tentang mosi yang diangkat

d.      Netral : tim yang tidak memihak siapa pun

e.        Moderator :  Orang yang mengatur jalannya debat sekaligus sebagai pemimpin debat

f.       Penulis : Orang yang menyimpulkan dan menuliskan hasil debat.

 

2.      Sebutkan unsur-unsur manusia (siapa saja) yang terdapat dalam debat!

a.       Tim Afirmasi = SMA Pembangunan Jaya

b.      Tim Oposisi = SMK Nusantara

c.       Tim Netral = MA Al-Ikhlas

d.      Moderator

e.       Penulis

f.       Juri/Penonton

 

3.      Jelaskan peran masing-masing unsur manusia dalam debat!

a.       SMA Pembangunan Jaya yang berperan sebagai Tim Afirmasi memberikan argumen yang mendukung mosi

b.      SMK Nusantara sebagai Tim Oposisi memberikan argumen yang menentang mosi yang sedang di angkat

c.       MA Al-Ikhlas

4.      Pada teks debat di atas ada Tim Netral. Dalam kegiatan debat, seringkali tidak ada Tim Netral. Bagaimana pendapatmu?

Menurut saya, dalam sebuah debat sangatlah diperlukan tim Netral karena dua kelompok yang  memberikan, mempertahankan pendapat mereka masing-masing dan menganggap pendapat mereka yang paling benar. Jika, ada tim Netral maka akan ada penyelasain dalam debat tersebut tanpa ada yang kalah atau menang.

 

5.      Debat pada dasarnya hampir sama dengan diskusi membutuhkan moderator dan sekretaris. Menurut pendapatmu, apakah dalam debat diperlukan seorang sekretaris? Jelaskan pendapatmu!

Menurut saya, seorang sekretaris tidaklah terlalu diperlukan. Karena, moderator sudah cukup untuk menyampaikan kesimpulan dalam sebuah debat.

 

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}
table.MsoTableGrid
{mso-style-name:”Table Grid”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-priority:59;
mso-style-unhide:no;
border:solid black 1.0pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-border-alt:solid black .5pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-border-insideh:.5pt solid black;
mso-border-insideh-themecolor:text1;
mso-border-insidev:.5pt solid black;
mso-border-insidev-themecolor:text1;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Tugas halaman 185

Tugas 1

Petunjuk :

Bacalah penggalan debat berikut ini kemudian kerjakan soal berikut ini.

 

 

1.         Tentukan mosi yang didebatkan.

No.

Kutipan Debat

Mosi

1.                   

Menurut saya, tawuran antarpelajar tidak saja terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal. Lebih dari itu, tawuran terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik dari pemimpin bangsa yang sibuk saling berebut kekuasaan dan saling menghujat. Televisi dan internet pun dengan bebas menyajikan berbagai aksi brutal yang membuat anak-anak tergoda untuk meniru.

 

“Tawuran antarpelajar diakibatkan kerena karakter yang brutal”

2.                   

Memang benar pendapat yang menyatakan bahwa bencana alam terjadi karena ulah manusia. Namun, perlu diingat bahwa umur bumi yang semakin tua juga juga menyebabkan bencana alam bertubi-tubi. Perubahan iklim global ditambah ulah manusia yang merusak alam semakin memperparah bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini.

 

“Bencana alam terjadi akibat ulah manusia itu sendiri”

3.                   

Aksi brutal para suporter sepak bola yang sering terjadi akhir-akhir ini merupakan bukti bahwa masyarakat kita sedang ‘sakit’. Masyarakat lelah dengan tuntutan kehidupan yang keras. Sepak bola yang seharusnya menjadi ajang untuk menumbuhkan sportivitas dan jalinan persatuan, justru menjadi pelampiasan rasa ‘tidak puas’ rakyat terhadap kehidupan. Imbauan pemimpin dan tindakan tegas dari kepolisian terbukti tiak sanggup menghentikan aksi brutal para supporter sepak bola di tanah air. Tewasnya dua supporter bola di tanah air dalam bentrok antar supporter bola dalam laga Piala TNI baru-baru ini makin menguatkan dugaan bahwa masyarakat kita sedang ‘sakit’.

 

“Tututan hidup yang keras membuat masyarakat tertekan”

4.

Banyak masyarakat beranggapan bahwa perubahan cuaca menjadi penyebab seseorang gampang sakit. Padahal yang terjadi tidak seperti itu. Ketika fisik seseorang sedang kehujanan, kelelahan, kemudian terkena kuman ia akan lebih mudah sakit. Artinya, sakit itu disebabkan oleh kuman, bukan perubahan cuaca.

 

“Perubahan Cuaca menyebabkan Orang Mudah Terkena Penyakit”

 

5.

Penolakan terhadap pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tidak seharusnya terjadi. Sebaliknya, malah UNBK patut didukung. Selain dapat menekan penggunaan kertas dalam mempercepat penilaian hasil ujian secara akurat, juga dapat menekan angka kebocoran soal.

 

“Penolakan terhadap pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)”

Afirmasi

 

2.            Sebuah mosi harus merupakan pernyataan yang dapat ditoloak atau diterima, bersifat konstroversial. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut? Jelaskan pendapatmu.

Sangat setuju, kerena mosi adalah topik yang akan diangkat dalam sebuah debat dan untuk bisa diperdebatkan haruslah ada pro dan kontra yaitu tim Afirmasi dan tim Oposisi. Jika saja mosi bukan suatu hal yang kontroversial, maka tidak ada topik yang harus diperdebatkan karena masalah telah terselesiakan.

 

 

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}
table.MsoTableGrid
{mso-style-name:”Table Grid”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-priority:59;
mso-style-unhide:no;
border:solid black 1.0pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-border-alt:solid black .5pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-border-insideh:.5pt solid black;
mso-border-insideh-themecolor:text1;
mso-border-insidev:.5pt solid black;
mso-border-insidev-themecolor:text1;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Tugas 2 halaman 187

 

Berlatihlah menyusun mosi dengan bertolak dari tema-tema berikut ini.

Tema

Mosi

 

Acara talkshow di televisi

 

 

Acara talkshow berdampak negatif bagi remaja zaman sekarang

 

 

Ujian Nasional

 

 

Tidak diperlukannya UN karena kelulusan ditentukan oleh sekolah

 

 

Membawa HP ke sekolah

 

 

Larangan membawa HP ke sekolah

 

Budaya baca

 

 

Kurangnya budaya baca Indonesia dibanding negara lain

 

 

 

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}
table.MsoTableGrid
{mso-style-name:”Table Grid”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-priority:59;
mso-style-unhide:no;
border:solid black 1.0pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-border-alt:solid black .5pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-border-insideh:.5pt solid black;
mso-border-insideh-themecolor:text1;
mso-border-insidev:.5pt solid black;
mso-border-insidev-themecolor:text1;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Tugas halaman 188

Petunjuk :

1.      Bacalah mosi-mosi berikut ini.

2.      Sampaikan pendapatmu tentang mosi. Lengkapi dengan argumen yang mendukung pendapatmu.

No.

Mosi

Pendapat

1.

Tayangan sinetron berpengaruh buruk terhadap anak-anak yang menontonnya.

 

Memang benar sinetron zaman sekarang sangat berpengaruh buruk terhadap perkembangan psikis khususnya anak-anak, karena dapat membunuh karakter anak bangsa. Karena, karakter seorang anak 90% dipengaruhi oleh apa yang dilihatnya. Sedangkan, sinetron seringkali menampilkan aksi yang brutal. Namun, itu semua tergantung pengawasan dari orangtua yang seharusnya melarang mereka untuk menonton hal yang seharusnya tidak mereka lihat. Karena, sudah terpampang jelas bahwa sinetron untuk R-BO+13(Remaja Bimbingan orang tua diatas tigabelas tahun). Sedangkan kebanyakan dari penontonnya adalah anak-anak.

 

2.

Penyebab utama banjir adalah berkurangnya lahan-lahan hijau.

 

Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Hal ini terjadi karena berkurangnya lahan-lahan hijau dan didukung dengan pembangunan jalan raya, yang membuat air yang seharusnya langsung jatuh keketanah tapi karena berkurangnya lahan hijau. Air tersebut jadi menggenang dimana-mana. 

3.

Kurangnya pendidikan agama di rumah dan sekolah menjadi penyebab utama penyalahgunaan narkoba pada remaja.

 

Kurangnya pendidikan agama menjadi faktor utama yang menyebabkan penyalahgunaan narkoba pada remaja. Menurut BNN (Badan Narkotika Negara) 22 % dari pengguna narkoba adalah pelajar dan mahasiswa. Jika saja, mereka dibekali ilmu agama yang kuat dari kecil, maka akan meminimalisir mereka ingin menyalahgunakan narkoba. Padahal remaja adalah tonggak estafet perjuangan yang telah dilakukan nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu.

 4.

Ketersediaan lapangan kerja menjadi dasar yang penting daalam menentukan jurusan saat kuliah di perguruan tinggi.

 

 Memang benar lapangan pekerjaan adalah salah satu faktor penentu seseorang dalam memutuskan jurusan saat kuliah nanti. Tapi, bagaimana jika kita tidak menyukai pekerjaan tersebut nantinya?. Jadi, pilihlah jurusan yang sesuai dengan keahlian kita.

5.

Perilaku menyontek saat Ujian Nasional disebabkan para pelajar takut tidak lulus ujian.

 

 Perilaku mencontek tidak hanya terjadi saat UN, tapi mencontek juga terajadi ketika UH, mengerjakan latihan dan PR (yang sepenuhnya menyontek). Jadi, menyontek merupakan suatu budaya yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, memang benar
menyontek saat Ujian Nasional disebabkan para pelajar takut tidak lulus ujian, karena mereka kurang belajar atau mengulang-ulang pelajaran yang telah diberikan gurunya. Karena itu menyontek menjadi salah satu alternatif bagi mereka.

 

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

                                             Tugas 2 halaman 193     

Petunjuk :

1.         Bacalah kembali teks debat BahasaInggris sebagai Alat Penting di Era Globalisasi.

2.         Buatlah simpulan pendapat yang disampaikan (a) tim afirmasi (b) tim oposisi (c) tim netral.

Jawab :

 

a)      Simpulan pendapat tim Afirmasi

Globalisasi adalah suatu kondisi yang tidak ada jarak antara satu negara dengan negara lain. Jadi, Bahasa Inggris sangatlah penting sebagai alat komunikasi. Aristoteles pernah mengatakan dunia perlu bahasa internasional dan itu adalah bahasa Inggris.

·         Dapat berkomunikasi dengan orang asing dengan bahasa yang sama

·         Akan dipandang sebagai orang yang cerdas

·         Dapat dikenali orang lain dan mendapatkan kesuksesan di era globalisasi

·         Amerika sebagai negara termaju saja menggunakan bahasa Inggris, sebagai warga dunia seharusnya kita juga menguasai bahasa Inggris.

 

b)      Simpulan pendapat tim Oposisi

Hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin menggunakan bahasa Inggris.

a.       Teknologi

Seperti yang kita ketahui Jepang dan Korea adalah negara yang kuat. Mereka bagus dibidang tekologi. Tapi mereka tidak menggunakan bahasa Inggris. Jadi, jika ingin berhasil di era globalisasi kita harus memperkaya atau menambah pengetahuan kita di bidang teknologi.

b.      Perdagangan

Tiongkok adalah negara yang sukses di bidang perdagangan. Tapi mereka memiliki komitmen, bahwa mereka harus menggunakan bahasa asli mereka dalam berkomunikasi.

c.       Pengahasilan alami

Arab, menggunakan bahasa asli mereka dan dapat menembuh pasar internasional dengan menggunakan penghasilan alami mereka.

c)      Simpulan pendapat tim Netral

Dalam teks debat ini tidak terdapat tim Netral.

Tentang Penulis

Melda Agus

melda agus

Tinggalkan Komentar