Tugas Siswa

tugas chintia

images
Chintia Betharia2
Ditulis Oleh chintia betharia2

Tugas hal 214
Mengapa teks tersebut tergolong ke dalam biografi?
    Karena teks tersebut menceritakan perjalanan atau riwayat hidup dari seseorang yaitu liliana natsi,mulai dari pengalaman,sejarah hidup ,sampai  pada kesuksesan yang ia raih sekarang
Apakah isi dari teks biografi tersebut?
    Teks biografi  ini menceritakan perjalanan karir dari perempuan yang berprofesi sebagai atlet bulu tangkis yang berhasil meraih berbagai penghargaan untuk negara indonesia yaitu lilyana natsir atau lebih dikenal dengan butet.
Bagaimanakah pola penyajiaan teks diatas?
Alur
Adalah jalannya sebuah cerita,alur yang ada di teks biografi ini adalah alur maju.
Sudut pandang
Adalah posisi pengarang dalam teks biografi tersebut,sudut pandang nya orang ketiga yang serba tahu.
Gaya penulisan
Adalah gaya tulisan yang digunakan oleh penulis un tuk membuat pembaca menjadi tertarik dengan karya tulis nya,biografi ini menggunakan gaya penulisan deskriptif naratif
Fokus pencintraan
Adalah di bagian mana sipenulis lebih menekankan tulisannya apakah itu dikarir,pengalaman,atau lain sebagainya. Di biografi ini penulis memfokuskan pencintraan pada keberhasilan karir.
Siapakah nama tokoh yang biografinya sedang dibacakan?
    Yaitu lilyana natsir atau butet
Apa peranannya sehingga ia layak di buatkan biografinya?
    Karena ia merupakan atlet yang meraih berbagai prestasi yaitu membanggakan nama indonesia di mata dunia yaitu dibidang bulu tangkis,lilyana beserta rekannya yaitu tontowi ahmad berhasil meraih mendali emas dalam event  olimpiade 2016,meraih sebagai sang juara pada turnamen all england 2012 dan berbagai prestasi lainnya,untuk itu biografi lilyana natsir harus dibuatkan karena bisa sebagai motivasi bagi kita untuk meraih berbagai prestasi yang setinggi-tinggi nya.
Bagaimanakah masa kecilnya?
    Lilyana natsir ini adalah anak bungsu dari pasangan beno natsir dan olly maramis,lyliana atau yang sering disapa butet ini dari kecil sudah mencintai olahraga yang bernama bulu tangkis,butet pernah bergabung dengan klub bulatangkis pisok,manado katika masih sekolah dasar.
Bagimanakah masa mudanya?
    Lilyana natsir pada masa mudanya terus mengembangkan bakat nya yaitu di olahraga bulu tangkis,ketika usia 12 tahun lilyana memutuskan pindah kejakarta untuk bergabung dengan klub pb tangkas di jakarta,tiga tahun sesudahnya ia sukses masuk pemusatan latihan nasional(pelatnas).ia adalah sosok yang ramah,tomboy dan pantang menyerah untuk mencapai suatu keberhasilan.
Kesulitan atau masalah apa yang pernah dialaminya?
    Kesulitan yang pernah ia alami ia meninggalkan sekolah nya pada usia 12 tahun dan bergabung dengan klub PB tangkas di jakarta.ia juga merelakan waktu-waktu untuk bersosialisasi,waktu luang yang ia miliki ia manfaat untuk terus berlatih.
Bagaimana ia mengatasi kesulitan-kesulitan itu?
    Cara ia mengatasi nya,ia mempunyai tekad bahwa ia harus menjadi atlet internasional yang meraih berbagai banyak prestasi,yaitu dengan cara terus giat berlatih bulutangkis,ia meninggalkan sekolah nya demi untyk mengembangkan bakatnya di bulutangkis untuk itu dia akan membanggakan orang tua serta orang-orang yang mendukung karir nya yang memilih untuk menjadi seorang atlet.
Karya apa saja yang telah dibuatnya
Penah juara singapore open tahun 2004
Sea games tahun 2005,2007
Juara dunia di amerika serikat tahun 2005
Juara taiwan open tahun 2006
Indonesia open tahun2005
Runner up all england super series tahun 2008
Juara di turnamen macau open grand prix gold 2010
Malaysia open GP gold 2011
Menjadi juara di all england tahun 2012
Meraih mendali emas pada olimpiade musim panas 2016
Apabila bertemu dengan tokoh,apa yang akan kamu lakukan atau tanyakan?
    Yang saya lakukan yaitu, saya akan berfoto-foto dengan kakak lyliana natsir,lalu menempelkan foto nya di tempat bingkai foto yang indah nantinya di kamar saya.yang ingin saya tanyakan yaitu apa motivasi terbesar yang membuat kakak lilyana natsir ini berhasil seperti sekarang?
Tugas hal 215
Kutipan Teks:
Orientasi
    Sosok Lilyana Natsir pasti sudah tidak asing bagi penggemar bulutangkis. Atlet berusia 26 tahun ini berhasil merebut gelar Juara Dunia 2013 bersama rekannya Tontowi Ahmad.Lilyana Natsir atau yang akrab disapa Butet merupakan anak perempuan pasangan Beno Natsir dan Olly Maramis. Ia dilahirkan di Manado, Sulawesi Utara, 9 September 1985. Pebulutangkis dengan tinggi 168 cm ini memiliki seorang kakak perempuan bernama Calista Natsir. Kecintaan Butet terhadap olahraga bulutangkis telah muncul sejak masih berusia belia. Itu terbukti dari bergabungnya dia dengan klub bulutangkis Pisok, Manado, ketika masih di sekolah dasar.Keseriusannya di dunia bulutangkis mulai tampak ketika berusia 12 tahun. Saat itu pebulutangkis yang juga akrab disapa Liliyana itu memutuskan pindah ke Jakarta untuk bergabung dengan klub PB Tangkas di Jakarta. Tiga tahun sesudahnya, ia sukses masuk pemusatan latihan nasional (pelatnas). Lilyana pada mulanya dipasangkan dengan Vita Marissa di partai ganda putri. Melalui arahan sang pelatih, Richard Mainaky, atlet ini kemudian bersanding dengan Nova Widianto di lapangan sejak 2004.

Peristiwa-peristiwa penting
Keputusan Richard Mainaky terbukti sukses. Pasangan Nova-Lilyana berhasil menyabet sederet penghargaan seperti Singapore Open (2004), SEA Games (2005, 2007), Juara Dunia di Amerika Serikat (2005), Juara Taiwan Open (2006), Indonesia Open (2005) dan Runner-up All Englandopen super series(2008).Namun 2009 jadi tahun terakhir pasangan Nova-Lilyana. Usia Nova yang menginjak 35 tahun menjadi alasan utama PBSI menyudahi pasangan dengan beda usia 8 tahun tersebut. Selepas kepergian Nova, Lilyana bersanding dengan rekan barunya, Tontowi Ahmad. Tak butuh waktu lama bagi Lilyana dan Owi untuk saling menyesuaikan pola bermain. Mereka berhasil membawa pulang gelar juara di turnamen Macau Open Grand Prix Gold 2010. Saat itu mereka berhadapan dengan rekan senegara sendiri,Hendra Aprida Gunawan dan Vita Marissa.menang dengan skor 21-13,21-18,pasangan ini mulai menunjukkan kapasitas mereka.Keduanya pun semakin mantap berprestasi. Beberapa torehan juara dari ganda campuran ini antara lain Juara Malaysia Open GP Gold 2011, Juara Sunrise India Open Super Series 2011, Juara Swiss Open 2012, Runner-Up Yonex Denmark Open 2012 dan masih banyak lainnya. Namun, diantara gelar juara yang berhasil mereka dapatkan, menjadi Juara Yonex All England Badminton Championships 2013 bisa dibilang adalah prestasi terbesar mereka. Hal tersebut karena sektor ganda campuran Indonesia terakhir kali keluar menjadi juara di event yang sama 33 tahun yang lalu.Tak hanya itu, pasangan ini kembali membawa kebanggaan bangsa di 2013. Owi dan Butet keluar sebagai juara dunia lewat ajang pertandingan BWF World Championship di Guangzhou, China, Agustus lalu. Mereka mengalahkan ganda campuran tuan rumah, China, Xu Chen-Ma Jin. Pertarungan olahraga raket yang terjadi dalam 3 babak tersebut berhasil dimenangkan Tontowi dan Lilyana dengan skor 21-13, 16-21 dan 22-20. Saat ini pasangan ganda campuran Indonesia ini menempati posisi ke-3 Ranking Badminton World Federation.

Reorientasi
Dalam urusan kehidupan pribadi, atlet yang menyukai masakan Manado ini diketahui masih single. Meski begitu, ia beberapa kali diisukan menjalin asmara dengan rekan di lapangan. Nama Hendra Setiawan dan Rendra Wijaya adalah sosok pebulutangkis yang pernah digosipkan menjadi kekasih lilyana.Namun,menaggapi hal tersebut,atlet tomboy ini menjelaskan bahwa dirinya belum punya pacar.”Cuma teman kok, gak lebih bener deh,” jelas Lilyana.”Saat ini saya belum memikirkan asmara, lagi fokus ke karir
Hal 223
Aspek
Alur ceritanya menggunakan alur maju
Cerita biografi lilyana natsir ini diawali dengan identitas diri dan keluarganya,lalu perjalanan pendidikan,lalu diceritakan perjalanan bakat nya terutama dalam bidang bulu tangkis,yaitu ia rela meninggalkan sekolah demi mengembangkan bakat  nya yaitu ingin menjadi seorang atlet.lalu cerita nya dilanjutkan dengan berbagai prestasi yang pernah ia dapatkan selama menjadi atlet nasional dan dunia.
Sudut pandang
Sudut pandang yang  digunakan yaiu orang ketiga serba tahu,dimana pengarang penenmpatkan dirinya sebagai orang ketiga tapi serba tahu.
Gaya penulisan
Gaya penulisan yang digunakan oleh penulis yaitu,deskriptif naratif.
Fokus penceritaan
Fokus penceritaan dari penulis yaitu pada perjalanan dan keberhasilan karir dari lilyana natsir.

Hal 225
Kutipan teks biografi
Sosok lilyana natsir sudat tidak asing lagi,bagi penggemar bulutangkis.atlet berusia 26 tahun ini berhasil merebut gelar juara dunia 2013 bersama rekannya Tontowi Ahmad.
Kepribadian unggulnya yaitu ,sebagai sosok yang berprestasi.
Kutipan teks biografi
Keseriusannya di dunia bulutangkis mulai tampak ketika ia berusia 12 tahun.Saat itu pebulutangkis yang akrab disapa lilyana itu memutuskan pindah kejakarta untuk bergabung dengan klub PBTangkas di Jakarta.Tiga tahun sesudahnya,ia sukses masuk pemusatan latihan nasional(pelatnas)
Kepribadian unggulnya yaitu,walaupun masih sekolah,dengan memiliki tekad dan prinsip yang kuat ia memilih untuk menjadi seorang atlet yang sekarang mendapatkan penghargaann yang banyak.
Kutipan biografi
Rekan lilyana dilapangan yaitu nova,tetapi pada usia nove yang ke 35 tahun menjadi alasan utama PBSI meyudahi pasangan dengan beda usia 8 tahun tersebut selepas kepergian nova,lilyana bersanding dengan Tontowi Ahmad.Tak butuh waktu lama lilyana dan owi untuk saling menyesuaikan pola bermain.mereka berhasil membawa pulang gelar juara di turnamen macau open grand prix gold 2010.
Kepribadian unggulnya yaitu,dengan siapapun lilyana dipasangkan,ia bisa memperoleh berbagai juara dengan Tontowi Ahmad.yaitu dengan cara mampu menyesuaikan cara permainan nya dengan cara permainan Tontowi Ahmad.
Hal 230
Kutipan Teks
Sosok lilyana natsir pasti sudah tidak asing lagi,bagi penggemar bulutangkis.Atlet berusia 26 tahun ini berhasil merebut gelar juara Dunia 2013 bersama rekannya Tontowi Ahmad
Pokok informasi
 Lilyana natsir adalah atlet bulutangkis indonesia yang berhasil meraih prestasi bersama rekan mainnya.
Kutipan Teks
Kecintaan butet(lilyana) terhadap olahraga bulutangkis telah muncul sejak belia..itu terbukti dengan bergabungnya dia dengan klub bulutangkis pisok,manado,ketika masih di sekolah dasar.
Pokok informasi
Bahwasannya lyliana natsir,telah menyukai atau mencintai hal-hal yang berbaur pada olahraga bulutangkis,ketika masih di sekolah dasar pun ,ia sudah mulai bergabung dengan klub bukutangkis di daerah tempat ia tinggal ,yaitu di daerah manado.artinya pada masa kecil saja ia sudah tertarik dengan olahraga bulutangkis.
Kutipan Teks
Keseriusannya di dunia bulutangkis mulai tampak ketika berusia 12 tahun.saat itu pebulutangkis yang juga disapa lilyana ini memutuskan pindah ke jakarta untuk bergabung dengan klub PB tangkas di Jakarta. Tiga tahun sesudahnya,ia sukses masuk pemusatan latihan nasional(pelatnas).
Pokok informasi
Bahwasannya lilyana natsir memutuskan pada umur 12 tahun, ia pindah dari manado,yaitu dari orang-orang tersayang nya di manado. Untuk mengejar cita-cita menjadi pebulutangkis nasional,dengan usaha dan tekad yang kuat,ia mampu masuk dalam pemusatan latihan nasional(pelatnas).
Kutipan Teks
Tak butuh waktu lama lilyana dan owi untuk saling menyesuaikan pola bermain.mereka berhasil membawa pulang gelar juara di turnamen macau open grand prix gold 2010.saat itu mereka berhadapan dengan rekan senegara sendiri,Hendra Aprida Gunawan dan Vita Marissa.menang skor21-14,21-18,pasangan ini mulai menunjukkan kapasitas mereka.
Pokok informasi
Bahwasannya kualitas dari sosok lilyana natsir dan rekannya memang memiliki kualitas bermain yang kompak dan baik,walaupun lilyana yang dulunya berpasangan dengan Nova.Tetapi pada saat dipasangkan dengan owi,ia juga mampu bermain dengan baik,dan memperoleh prestasi.

Kutipan teks
Namun,diantara gelar juara yang berhasil mereka dapatkan,menjadi juara yonex All england badminton championships 2013,bisa dibilang adalah prestasi terbesar mereka.Hal tersebut karena sektor ganda campuran indonesia terakhir kali keluar menjadi uara di event yang sama 33 tahun yang lalu.
Pokok informasinya
Bahwasannya keberhasilan  lilyana natsir dan rekanya, sudah mencapai puncak keberhasilan,dimana sangat membanggakan nama indonesia dimata dunia.Yang mana indonesia mendapatkan gelar juara tersebut pada 33 tahun sebelumnya.Dan tahun 2013 lilyana dan rekannya mampu membuat sejarah perjalanan karir mereka.
Hal 232
Cara penggambaran karakter unggul tokoh
Cara langsung
Kecintaan Butet terhadap olahraga bulutrangkis telah muncul sejak msih berusia belia.itu terbukti dari bergabungnya dia dengan klub bulutangkis Pisok,Manado,ketika masih di sekolah dasar.
Cara tidak langsung
Bahwasannya lyliana natsir sejak masih duduk disekolah dasar,ia sudah mencintai olahraga terutama dalam bidang bulutangkis,ia memiliki ketekunan yang kuat dan percaya diri dari kecil.
Cara penggambaran karakter unggul tokoh
Cara langsung
Keseriusannya di dunia bulutanngkis mulai tampak ketika berusia 12 tahun.Saat itu pebulutangkis yang juga akrab disapa lilyana itu memutuskan oindah ke jakarta untuk bergabung dengan klub PB Tangkas di Jakarta.Tiga tahun sesudahnya,ia sukses masuk pemusatan latihan nasional(pelatnas)
Cara tidak langsung
Bahwasannya, lilyana sangat menekuni apa pilihan yang ia pilih yaitu ia memutuskan untuk mejadi seorang atlet,yang pada akhirnya ia mampu masuk ke dalam pemusatan latihan nasional(pelatnas) dengan giat berlatih dan mempunyai tekad yang kuat.
Cara penggambaran karakter unggul tokoh
Cara langsung
Lilyana awalnya berpasangan dengan Nova Widianto,tetapi karena Nova sudah berumur 35 tahun,posisi Nova digantikan oleh Owi.Tak butuh waktu lama bagi lilyana dan Owi untuk saling menyesuaikan pola bermain.mereka berhasil membawa pulang gelar juara di turnamen Macau Open Grand Prix Gold 2010.

Cara tidak langsung
Lilyana natsir adalah sosok atlet bulutangkis yang tidak sombong,disiplin,pekerja keras,buktinya tidak butuh waktu yang lama bagi lilyana dan rekannya, yaitu mampu bermain dengan baik sehingga bisa meraih juara,lilyana memang selalu membangun ke kompakan dengan rekan mainnya,untuk meraih kemenangan dalam pertandingan.
Cara penggambaran karakter unggul tokoh
Cara langsung
Beberapa torehan juara dari ganda campuran ini antara lain juara malaysia open GP Gold 2011,juara sunrise india open super series 2011,juara swiss open 2012,Runner up yonex Denmark open 2012 dan masih banyak lainnya.

Lilyana beserta rekannya memang memiliki kualitas yang baik,karena mampu meraih berbagai prestasi di event-event terbaik dalam pertandingan bulitangkis dunia.
Hal 236
1.Kutipan Teks
Keseriusannya di dunia bulutangkis mulai tampak ketika berusia 12 tahun.saat itu pebulutangkis yang juga disapa lilyana ini memutuskan pindah ke jakarta untuk bergabung dengan klub PB tangkas di Jakarta. Tiga tahun sesudahnya,ia sukses masuk pemusatan latihan nasional(pelatnas).
Analisis
Kata ganti yang digunakan adalah ia,dan nya(kata ganti milik) yang divariasikan dengan penyebutanan namanya lilyana.
Kata kerja, pindah ke jakarta.
Kata deskriptif, sukses,serius.
2. kutipan Teks
Selepas kepergian Nova,lilyana bersanding dengan rekan barunya,Tontowi Ahmad.
Tak butuh waktu lama lilyana dan owi untuk saling menyesuaikan pola bermain.mereka berhasil membawa pulang gelar juara di turnamen macau open grand prix gold 2010.saat itu mereka berhadapan dengan rekan senegara sendiri,Hendra Aprida Gunawan dan Vita Marissa.menang skor21-14,21-18,pasangan ini mulai menunjukkan kapasitas mereka.
Analisis
Kata ganti yag digunakan adalah mereka,pasangan ,dan nya(kata ganti milik)yang divariasikan dengan penyebutan nama owi dan butet.
Kata kerja,bermain,membawa.
Kata yang menyatakan hubungan dengan waktu,yaitu saat itu.
Kata deskriptif,yaitu juara.

3. Kutipan Teks
Namun, diantara gelar juara yang berhasil mereka dapatkan,menjadi juara Yonex All England Badminton Championships 2013 bisa dibilang adalah prestasi terbesar mereka.hal tersebut karena sektor ganda campuran indonesia terakhir kali keluar menjadi juara di event yang sama 33 tahun yang lalu.
Analisis
Kata ganti yang digunakan yaitu mereka.
Kata deskriptif,yaitu sang juara.
Kata yang menyatakan hubungan dengan waktu,yaitu tahun yang lalu.

4. Kutipan Teks
Tak hanya itu,pasangan ini kembali membawa kebanggan bangsa  di 2013.Owi dan Butet keluar sebagai juara dunia lewat ajang pertandingan BWF World Championships di GuangZhou,China,agustus lalu.
Analisis
Kata ganti yang digunakan,yaitu pasangan.
Kata deskriptif,yaitu juara dunia,dan pertandingan.
Kata yang menyatakan waktu,yaitu agustus lalu.

Tentang Penulis

Chintia Betharia2

chintia betharia2

Tinggalkan Komentar