Tugas Siswa

tugas di buku paket dari halaman 185 – 229

jkhd
Nayundaandhika Sari
Ditulis Oleh Nayundaandhika Sari

Tugas hal 185

Tugas 1

   1.)Tentukan mosi yang didebatkan.

1.     Kutipan debat  : menurut saya, tawuran antarpelajar tidak saja terjadi karena karakter anak-anak yang cenderung brutal. Lebih dari itu,tawuran terjadi karena anak-anak mendapat teladan yang kurang baik dari para pemimpin bangsa yang sibuk saling berebut kekuasaan dan saling menghujat. Televisi dan internet pun dengan bebas menyajikan berbagai aksi brutal yang membuat anak-anak tergoda untuk meniru.

Mosi         :kenakalan remaja dilingkungan sekolah yang terjadi karena contoh yang tidak baik.

1.     Kutipan debat : memang benar pendapat yang menyatakan bahwa bencana alam terjadi karena ulah manusia. Namun,perlu diingat bahwa umur bumi yang maikin tua juga menyebabkan terjadinya bencana alam bertubi-tubi. Perubahan iklim global ditambah ulah manusia yang merusak alam semakin memperparah bencana yang terjadi akhir akhir ini.

Mosi          : tidak hanya karena ulah manusia, tetapi umur yang semakin menua juga menyebabkan terjadinya bencana alam.

2.     Kutipan debat : aksi brutal para suporter sepak bola yang sering terjadi akhir-akhir ini merupakan bukti bahwa masyarakat kita sedang ‘sakit’. Masyarakat lelah dengan tuntutan kehidupan yang keras. Sepak bola yang seharusnya menjadi ajang untuk menumbuhkan sportivitas dan menjalin persatuan,justru menjadi pelampiasan rasa ‘tidak puas’ rakyat terhadap kehidupan. Imbauan pemimpin dan tindakan tegas dari kepolisian terbukti tidak sanggup menghentikan aksi brutal para suporter sepak bola di tanah air. Tewasnya dua suporter bola dalam laga Piala TNI baru-baru ini makin menguatkan dugaan bahwa masyarakat kita sedang ‘sakit’.

Mosi          :aksi brutal para suporter sepakbola bukti bahwa kurangnya rasa solidaritas.

3.     Kutipan debat : banyak masyarakat beranggapan bahwa perubahan cuaca menjadi penyebab seseorang gampang sakit. Padahal yang terjadi tidak seperti itu. Ketika fisik seseorang kehujanan, kelelahan, kemudian terkena kuman ia akan lebih mudah sakit. Artinya itu disebabkan oleh kuman,bukan perubahan cuaca.

Mosi           :  perubahan cuaca menyebabkan seseorang gampang sakit.

4.     Kutipan debat : Penolakan terahadap pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tidak seharusnya terjadinya. Sebaliknya, malah UNBK patut didukung. Selain dapat menekan penggunaan kertas dalam mempercepat penilaian hasil ujian secara akurat,juga dapat menekan angka kebocoran soal.

Mosi           :  minimnya pengetahuan tentang teknologi membuat sejumlah orang menolak diadakannya UNBK.

2) Sebuah mosi harus merupakan pernyataan yang dapat ditolak atau diterima, bersifat kontroversial. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut?jelaskan pendapatmu!

Jawab:

 

 

 

TUGAS 2

1.     TEMA   : Acara talkshow di televisi.

MOSI    : Tontonan televisi yang tidak senonoh juga berpengaruh kepada kepribadian seseorang.

2.     TEMA    : Ujian sekolah.

MOSI     : pelaksaan UNBK yang tidak menyeruluh ke semua sekolah menyebabkan kecemburuan sosial.

3.     TEMA     : membawa hp ke sekolah.

MOSI      : dilarang membawa hp android ke sekolah.

4.     TEMA     : budaya baca

MOSI      : 10 menit sebelum mulai belajar di wajibkan membaca.

 

Tugas halaman 188

1.     Mosi : tayangan sinetron berpengaruh buruk terhadap anak-anak yang menontonnya.

Pendapat : menurut saya,tayangan sinetron yang tidak wajar memang berpengaruh buruk bagi setiap orang yang menontonnya, apa lagi bagi pelajar yang sedang berusia pada masa pancaroba. Mereka kerap kali meniru kebiasaan-kebiasaan tokoh atau pemain sinetron yang mereka idolakan,bahkan kebiasaan tidak baik sekalipun. Namun,tidak semua sinetron yang berdampak buruk, ada juga sinetron yang bernuansa islami,misalkan sinetron religi yang para tokohnya selalu menggunakan hijab. Tetapi itu hanya sebagian kecil.

2.     Mosi : penyebab utama banjir adalah kurangnya lahan-lahan hijau.

Pendapat : menurut saya,penebangan hutan secara liar tanpa menggunakan sistem tebang pilih yang menyebabkan kurangnya lahan-lahan hijau bisa menjadi salah satu penyebab utama terjadinya banjir. Terkadang karena kurangnya pengetahuan masyarakat dalam hal itu, mereka dengan seenaknya menebang pohon tanpa memikirkan apa dampaknya setelah itu. Jika sudah terjadi banjir mereka juga kesulitan untuk mengatasinya dan secara tidak langsung akan menyalahkan pemerintah karena tidak dapat mengatasi masalah yang sedang terjadi.

3.     Mosi : kurangnya pendidikan agama di rumah dan sekolah menjadi penyebab utama penyalahgunaan narkoba pada remaja.

Pendapat : kurangnya iman juga menjadi salah satu penyebab penyalahgunaan narkoba,awalnya sebagian remaja hanya berniat untuk mencoba-coba namun akhirnya mereka kecanduan. Karena kurangnya pengetahuan dalam bidang agama mereka tidak mengetahui apakah narkoba itu halal atau haram, mereka terus menngunakan narkoba tersebut dengan alasan narkoba dapat menenangkan pikiran yang kacau, tanpa memikirkan bahwa menggunakan narkoba itu dilarang agama.

4.     Mosi : ketersedian lapangan kerja menjadi dasar yang penting dalam menentukan jurusan saat kuliah di perguruan nanti.

Pendapat : menurut saya,apapun jurusan kita saat kuliah nanti jika kita mempunyai iq tinngi dan skill yang mantap pasti perusahaan atau tempat-tempat kerja yang bagus pasti mau menerima sekalipun jurusan yang kita ambil lapangan pekerjaannya sangat minim.

5.     Mosi : perilaku menyontek saat Ujian Nasional disebabkan para pelajar takut tidak lulus ujian.

Pendapat : menurut saya, kebiasaan mencontek saat ujian sudah menjadi suatu hal yang lumrah bagi para pelajar. Mereka tidak percaya diri atas jawaban yang telah mereka dapatkan,mereka lebih memilih untuk mencontoh kepada orang yang telah menjadi juara kelas. Alasannya karena ingin mendapatkan nilai tinggi. Begitupun saat UN mereka memilih mencontek untuk mendapatkan nilai tinggi dan lulus dengan hasil yang maksimal.

 

Tugas halaman 194

 

1.Pendapat Pihak Afirmasi : menurut tim afirmasibahasa asing masuk ke indonesia karena ketidakberdayaan bahasa indonesia dalam interaksi antar bahasa. Bahasa indonesia tidak bisa terlepas dari bahasa lain,baik itu bahasa daerah maupun bahasa asing. Dengan masuknya kosakata bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia semakin banyak pula orang yang mampu berkomunikasi dengan baik sehingga proses transfer ilmu pengetahuan berjalan dengan cepat.

    Kekuatan : peranan bahasa asing dalam bahasa indonesia membuktikan adanya kontak atau hubungan antar bahasa sehingga timbul penyerapan bahasa-bahasa asing ke dalam bahasa indonesia. Bahasa indonesia mengandalkan kosakata asing yang kemudian dibakukan menjadi bahasa indonesia.

     Kelemahan : banyak kosakata serapan dari bahsa asing sehingga peran bahasa indonesia masih diragukan.

2.Pendapat  Pihak Oposisi : menurut tim oposisi masuknya kosakata bahasa asing bukan karena ketidakberdayaan bahasa indonesia dalam interaksi berbahasa. Namun karena kosakata bahasa asing digunakan sebagai persamaan kata yang bagi sebagian orang lebih mudah dipahami.

     Kekuatan : bahasa indonesia mampu berintekrasi dengan bahasa lain tanpa bantuan dari bahasa asing dan masuknya kosakata bahasa asing bukan disebabkan karena ketidakberdayaan bahasa indonesia dalam berintekrasi antar bahasa.

     Kelemahan : kosa kata bahasa asing hanya digunakan dan dimengerti bagi kalangan tertentu saja.

3.Pendapat Pihak Netral :

 

Tugas halaman 214

1.      Mengapa teks tersebut tergolong ke dalam biografi ?

Jawab : karena di dalam teks tersebut memuat identitas tokoh, kesulitan-kesulitan yang dihadapi, keunggulan tokoh, bagaimana ia di masa muda dan masa kecil, dan juga perjuangan-perjuangan yang telah ia hadapi hingga sukses seperti sekarang dan dikenal banyak orang.

2.      Apakah isi dari teks biografi tersebut ?

Jawab :presiden pertama RI. Yang masa kecilnya ia lalui hanya beberapa tahun saja hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semasa SD, beliau tinggal di Surabaya, indekos di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto. Kemudian melanjutkan ke THS (Technische Hoogeschool) atau sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi IT. dan meraih gelar “Ir” pada 25 Mei 1926. Kemudian pada 4 Juli 1927, beliau merumuskan ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI( Partai Nasional Indonsia) dengan tujuan Indonesia merdeka. Pada Juli 1930, PNI Pun dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, beliau bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores, pada tahun 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu. Setelah melalui berjuangan yang cukup panjang, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI Pada 17 Agustus 1945.

3.      Bagimana pola penyajian teks tersebut ?

Jawab : pola penyajiannya menggunakan alur maju,dimulai dari masa kecil tokoh, tokoh beranjak dewasa, hingga tokoh sukses dan menjadi suri tauladan bagi semua orang.

4.      Siapakah nama tokoh yang biografinya sedang dibacakan ?

Jawab : Ir. Soekarno

5.      Apa peranannya sehingga ia layak dibuatkan biografi ?

Jawab : Ir.Soekarno sangat berperan penting bagi kemerdekaan Indonesia. Mulai dari perjuangannya melawan Belanda hingga beliau diasingkan ke daerah Bengkulu. Dan beliau juga merupakan Presiden pertama Republik Indonesia,karena itulah beliau layak dibuatkan biografi. Beliau juga dianugrahkan sebagai “Pahlawan Proklamator”.

6.      Bagaimanakah masa kecilnya ?

Jawab : masa kecil Soekarno hanya beberapa tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semasa SD hingga tamat, beliau tinggal di Surabaya, indekos di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam.

7.      Bagaimanakah masa mudanya ?

Jawab : setelah tamat SD beliau melanjutkan sekolah di HBS (Hoogere Burger School). Saat belajar di HBS itu, Soekarno telah menggembleng jiwanasionalismenya. Selepas lulus HBS tahun 1920, beliau pindah ke Bandung dan melanjutkan ke THS (Technische Hoogeschool). Ia berhasil meraih gelar “Ir” pada 25 Mei 1926.

8.      ang sebagai panutan yang baik.Kesulitan atau masalah apa yang pernah dialaminya ?

Jawab : saat beliau merumuskan ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia) pada 4 Juli 1927, dengan tujuan Indonesia Merdeka. Beliau ditangkap dan dimasukkan oleh Belanda ke penjara Sukamiskin. Soekarno juga pernah ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores,tahun 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

9.      Bagaimana ia mengatasi kesulitan-kesulitan itu ?

Jawab : ketika beliau gagal memerdekan Indonesia dengan strategi yang telah beliau lakukan, maka beliau akan membuat atau menggunakan strategi baru.

10.   Karya apa saja yang telah dibuatnya ?

Jawab : mungkin pada biografi ini,tidak diceritakan karya apa saja yang telah beliau buat. Namun, pada biografi ini diceritakan bahwa beliau telah mengemukakan gagasan tentang dasar negara yang disebut dengan Pancasila. Dan beliau juga sangat berjasa karena telah memproklasikan kemerdekaan Indonesia bersama rekannya Moh.Hatta.

11.   Apabila bertemu dengan tokoh tersebut, apa yang akan kamu lakukan atau tanyakan ?

Jawab : saya ingin menanyakan perjuangan-perjuangan apa saja yang telah beliau lewati dan apa yang memotivasinya sehingga beliau bisa sukses memerdekan Indonesia. Dan dikenal banyak orang.

 

TUGAS HALAMAN 215

 

1.       Bagian struktur : Orientasi, bagian ini menceritakan siapa Soekarno.

Kutipan teks      : “Presiden petama Republik Indonesia, Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika.”

2.       Bagian struktur : peristiwa-peristiwa penting.

Kutipan teks      :“Selepas lulus HBS tahun 1920, beliau pindah ke Bandung dan melanjutkan ke THS (Technische Hoogeschool) atau sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi IT. Ia berhasil meraih gelar “Ir” pada 25 Mei 1926”. Kemudian, beliau merumuskan ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia) pada 4 Juli 1927, dengan tujuan Indonesia merdeka. Akibatnya, Belanda memasukkannya ke penjara sukamiskin, Bandung pada 29 Desember 1929. Delapan bulan kemudian baru disidangkan. Dalam pembelaannya berjudul Indonesia Menggugat, beliau menunjukkan kemurtadan Belanda, bangsa yang mengaku lebih maju itu.

Pembelaannya itu membuat Belanda makin marah. Sehinnga pada Juli 1930, PNI pun dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, Soekarno bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belandaa dan dibuang ke Ende, Flores, tahun 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu .

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Ir.Soekarno mengemukakan gagasan tentang dasar negara yaang disebut Pancasila. Tanggal 17 Agustus 1945, Ir.Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dalam sidang PPKI,18 Agustus 1945 Ir.Soekarno terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

3.       Bagian struktur : Reorientasi

Kutipan teks      : “sebelumnya, beliau juga berhasil merumuskan Pancasila yang kemudian menjadi dasar (ideologi) Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau berupaya mempersatukan nusntara. Bahkan Soekarno berusaha menghimpun bangsa-bangsa di Asia, afrika, dan Amerika Latin dengan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955 yang kemudian berkembang menjadi gerakan Non Blok. Pemberontakan G-30-S/PKI melahirkan krisis politik hebat yang menyebabkan penolakan MPR atas pertangungjawabannya. Sebaliknya MPR mengangkat Soeharto sebagai Pejabat Presiden. Kesehatannya terus memburuk, yang pada hari Minggu, 21 Juni 1970 ia meninggal dunia di RSPAD. Ia disemayamkan di Wisma Yaso, Jakarta dan dimakamkan di Blitar, Jatim di dekat makam ibundanya, Ida Ayu Nyoman Rai. Pemerintah menganugerahkan sebagai “Pahlawan Proklamasi” ”.

 

TUGAS HALAMAN 225

v  Kepribadian Unggul

1.      Mandiri  :

   Masa kecil Soekarno hanya beberapa tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semasa SD hingga tamat beliau tinggal di Surabaya, dirumah Haji Oemar Said Tokroaminoto,politisi kawanan pendiri Syarikat Islam.

2.      Pantang menyerah :

   Setelah bebas pada tahun 1931, Soekarno bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan dibung ke Ende, Flores, tahun 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu. Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, Bung Karno dan Bung Hatta  memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

3.      Penyayang

    Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai anak Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika.

4.      Bercita-cita mulia

Beliau berupaya mempersatukan Nusantara. Bahkan Soekarno berusaha menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin dengan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955 yang kemudian berkembang menjadi Gerakan Non Blok.

 

TUGAS HALAMAN 223

1.      Alur : semuanya beralur maju.

   “ cerita diawali dengan identitas diri keluarganya, dan berjalanan pendidikannya. Semasa SD hingga tamat Soekarno tidak tinggal bersama orang tuanya melainkan tinggal di rumah politisi kawakan pendiri Syarikat Islam. Setelah tamat SD beliau melanjutkan pendidikan ke HBS. Pada tahun 1920 Soekarno masuk ke THS( Technische Hoogeschool)  dan berhasil meraih gelar “Ir” pada 25 Mei 1926. Ceritanya dilanjutkan dengan berjuangan Soekarno dalam memerdekakan indonesia, bagaimana ia menentang dan melakukan perlawanan kepada Belanda sehingga ia ditanggap dan dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu. Namun, setelah melakukan perjuangan yng cukup panjang, akhirnya ia berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia bersama rekannya Moh.Hatta pada 17 Agustus 1945. Sampai akhirnya Ir.Soekarno dan Moh.Hatta resmi terpilih sebagai Presiden RI yang pertama. Mereka pun dianugrahkan sebagai “ Pahlawan Proklamator”.

2.      Sudut pandang  : orang ketiga serba tau.

3.      Gaya penulisan  : deskriptif naratif.

4.      Fokus penceritaan : keberhasilan dalam pendidikan,perjuangan dan pengorbanan dalam memerdekakan RI.

 

TUGAS HALAMAN 229

1.      Kutipan Teks

Presiden pertama RI, Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoma Rai. Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, Guruh. Dari istri Hartini mempunyai anak Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dew, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempuyai anak Kartika.

Pokok Informasi

Ir Soekarno adalah presiden Republik Indonesia yang pertama, beliau dilahirkan di Surabaya pada 6 Juni 1901.

2.      Kutipan Teks

 Masa  kecil Soekarno  hanya beberapa tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semasa SD hingga tamat, beliau tinggal di Surabaya, indekos di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawanan pendiri Syarikat Islam. Kemudian melanjutkan sekolah di HBS (Hoogere Burger School). Saat belajar di HBS itu, Soekarno telah menggembleng jiwa nasionalismenya. Selepas HBS tahun 1920, pindah ke Bandung dan melanjutkan ke THS (Technische Hoogeschool). Ia berhasil meraih gelar “Ir”pada Mei 1926.

Pokok Informasi

Soekarno telah menentukan jiwa nasionalismenya sejak ia memasuki masa remaja.

3.      Kutipan Teks

Pembelaannya itu membuat Belanda makin marah. Sehingga pada Juli, PNI pun dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, Soekarno bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap dan dibuang ke Ende, Flores, tahun 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

Pokok Informasi

Perjungan Soekarno dalam memerdekakan RI sangat mati-matian. Sampai-sampaibeliau ditangkap oleh Belanda.

 

TUGAS HALAMAN 236

NO

Kutipan Teks

Analisis

 

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika.

 

Masa kecil Soekarno hanya beberapa tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semasa SD hingga tamat, beliau tinggal di Surabaya, indekos di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam. Kemudian melanjutkan sekolah di HBS (Hoogere Burger School). Saat belajar di HBS itu, Soekarno telah menggembleng jiwa nasionalismenya. Selepas lulus HBS tahun 1920, pindah ke Bandung dan melanjut ke THS (Technische Hoogeschool atau sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi IT.Ia berhasil meraih gelar “Ir” pada 25 Mei 1926.

 

 

Kemudian, beliau merumuskan ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI (Partai Nasional lndonesia) pada 4 Juli 1927, dengan tujuan Indonesia Merdeka. Akibatnya, Belanda, memasukkannya ke penjara Sukamiskin, Bandung pada 29 Desember 1929. Delapan bulan kemudian baru disidangkan. Dalam pembelaannya berjudul Indonesia Menggugat, beliau menunjukkan kemurtadan Belanda, bangsa yang mengakulebih maju itu.

 

Pembelaannya itu membuat Belanda makin marah. Sehingga pada Juli 1930, PNI pun dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, Soekarno bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores, tahun 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Ir.Soekarno mengemukakan gagasan tentang dasar negara yang disebutnya Pancasila. Tanggal 17 Agustus 1945, Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dalam sidang PPKI, 18 Agustus 1945 Ir.Soekarno terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Sebelumnya, beliau juga berhasil merumuskan Pancasila yang kemudian menjadi dasar (ideologi) Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau berupaya mempersatukan nusantara. Bahkan Soekarno berusaha menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin dengan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955 yang kemudian berkembang menjadi Gerakan Non Blok.Pemberontakan G-30-S/PKI melahirkan krisis politik hebat yang menyebabkan penolakan MPR atas pertanggungjawabannya. Sebaliknya MPR mengangkat Soeharto sebagai Pejabat Presiden. Kesehatannya terus memburuk, yang pada hari Minggu, 21 Juni 1970 ia meninggal dunia di RSPAD. Ia disemayamkan di Wisma Yaso, Jakarta dan dimakamkan di Blitar, Jatim di dekat makam ibundanya, Ida Ayu Nyoman Rai. Pemerintah menganugerahkannya sebagai “Pahlawan Proklamasi”.

a.        Kata ganti yang digunakan adalah nya (kata ganti milik) yang divariasikan dengan penyebutannamanya Soekarno.

b.      Kata kerja tindakan

c.       Kata kerja deskriptif

d.      Kata kerja pasif

e.      Kata kerja mental

f.        Kata sambung

a.       Kata ganti yang digunakan adalah beliau, nya, ia(kata ganti milik)yang divariasikan namanya Soekarno.

b.      Kata kerja tindakan belajar

c.       Kata deskriptif

d.      Kaa kerja pasif

e.      Kata kerja mental

f.        Kata sambung

a.       Kata ganti yang digunakan adalah beliau, nya(kata ganti milik) yang divariasikan dengan penyebutan namanya Soekarno.

b.      Kata kerja tindakanmerumuskan.

c.       Kata deskriptif

d.      Kata kerja pasif

e.      Kata kerja mental

f.        Kata sambung pada

a.       Kata ganti yang digunakan adalah nya,beliau.

b.      Kata kerja tindakan

c.       Kata deskriptif

d.      Kata kerja pasif

e.      Kata kerja mental

f.        Kata sambung

a.       Kata ganti yang digunakan adalah nya,(kata ganti milik)yag divariasikan dengan penyebutan namanya Soekarno.

b.      Kata kerja tindakan perjuangan

c.       Kata deskriptif

d.      Kata kerja pasif

e.      Kata kerja mental

f.        Kata sambung

a.       Kata ganti yang digunakan adalah nya, beliau,ia.

b.      Kata kerja tindakan

c.       Kata deskriptif

d.      Kata kerja pasif

e.      Kata kerja mental

f.        Kata sambung

 

TUGAS HALAMAN 233

1.       Cara Tidak Langsung

Masa kecil Soekarno hanya beberapa tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semas SD hingga tamat, beliau tinggal di Surabaya, indekos di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawanan pendiri Syarikat Islam.

Tidak Langsung

“ Bagi saya, kemandirian Soekarno dalam menyelesaikan pendidikannya patut diacungi jempol dan patut ditiru oleh remaja-remaja penerus bangsa sekarang ini. Jangan hanya bisa meminta uang kepada orang tua saja. ” tutur salah seorang pembaca biografinya.

2.       Cara Tidak Langsung

Pembelaannya itu membuat Belanda makin marah. Sehingga pada Juli 1930, PNI pun dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, Soekarno bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores, tahun 1933. Empat ahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

Tidak Langsung

“perjuangan dan pengorbanan Soekarno dalam memerdekakan Indonesia sangat luar biasa. Jatuh bangun ia berusaha agar negara tercinta ini merdeka, sampai pernah ditahan selama beberapa tahun oleh Belanda karena berani menentangnya. Saya sangat salut melihat perjuangan Bapak Soekarno” kata salah seorang mahasiswa.

3.       Cara Tidak Langsung

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Tidak Langsung

bagi saya, Bapak adalah orang kebanggaan rakyat Indonesia karna berjuangan beliau Indonesia Merdekatutur salah seorang mantan staff Soekarno

4.       Cara Tidak Langsung

Sebelumnya, beliau juga berhasil merumuskan Pancsila yang kemudian menjadi dasar (ideologi) NKRI. Beliau berupaya mempersatukan Nusantara. Bahkan Soekarno berusaha menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika, Amerika Latin dengan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955 yang kemudian berkembang menjadi Gerakan Non Blok.

Tidak Langsung

“Bapak itu orangnya selalu semangat, tidak akan berhenti berusaha jika apa yang beliau cita-citakan belum tercapai. Jikapun sudah tercapai maka beliau akan terus berusaha meningkatkan apa yang beliau inginkan menjadi lebih baik lagi”.

 Oleh azizah mulyanis kelas x iis 1

Tentang Penulis

Nayundaandhika Sari

Nayundaandhika Sari

Tinggalkan Komentar