Tugas Siswa

TUGAS TEKS ANEKDOT ” Baju Termahal” KELAS X IIS 2

xfge
Dinda Marisa
Ditulis Oleh dinda marisa
Baju Termahal
 
Di suatu waktu yang tidak terdeteksi, terdapat  dua orang politisi muda. Yang satu bernama Igbal dan yang satunya lagi bernama Adam, mereka berdua sedang  ngobrol-ngbrol di warung kopi di sekitar daerah Senayan. Lalu mereka berdua pun terlibat percakapan yang seru.
Igbal    : “Dam, teman-teman kita di dunia politik ini sudah banyak yang kaya ya…”
Adam : “Kalau masalah itu sih aku juga sudah tau sejak dulu, Bal!”
Igbal    : “Saking kayanya nih, banyak banget teman kita yang punya baju termahal di Indonesia.”
Adam  : “Lho, maksud kamu baju termahal itu apa, Bal?”
Igbal    : “Yah apalagi kalau bukan baju tahanan KPK.”
Adam  : “Kok baju tahanan KPK?” (bingung)
Igbal    : “Coba deh kamu pikir-pikir, seorang politisi minimal “nyolong” uang Negara 1 milyar dulu baru bisa pakai baju tahanan KPK.”
Adam  : (Mengerti dan menghela nafas panjang) “Ooh, maksud kamu gitu toh, baru ngerti aku, susah juga ya jadi politisi kalau belum siap iman.”
Igbal    : “Betul sekali itu, ya sudah lah mari kita pesan kopi lagi untuk mengenang teman-teman kita yang sudah bisa pakai baju termahal itu. Dan jangan sampai kita menjadi seperti mereka yang telah menghabiskan uang rakyat.”

            Dan mereka berdua pun melanjutkan mengopi di warung kopi tersebut.

ciri kebahasaannya :

1.bermakna kias: “Ooh, maksud kamu gitu toh, baru ngerti aku, susah juga ya jadi politisi kalau belum siap iman.”

maksudnya ialah kalau jadi politisi harus menyiapkan dan mempertebal keimanan agar tidak terhasut oleh rayuan orang ataupun jumlah uang.

2. bermakna sindiran: : Igbal    : “Coba deh kamu pikir-pikir, seorang politisi minimal “nyolong” uang Negara 1 milyar dulu baru bisa pakai baju tahanan KPK.”

maksudnya ialah: seorang koruptor yang memakan uang milik negara dan ditangkap oleh KPK dan sekarang memakai baju tahanan KPK dari hasil uang korupsi tersebut.

3.mengandung pertanyaan retoris

Igbal    : “Dam, teman-teman kita di dunia politik ini sudah banyak yang kaya ya…”

maksudnya ialah karna siapa pun yang bertanya tentang itu pasti jawabannya adalah “ya”

4.mengandung pelajaran

pelajarannya ialah sebagai warga negara yang baik kita sebagai generasi muda penerus bangsa tidak seharusnya berlaku seperti tikus tikus berdasi tersebut karna merugikan bangsa,negara,dan juga diri sendiri

5.menggunakan konjungsi

Lalu mereka berdua pun terlibat percakapan yang seru.

alasannya: kata lalu termasuk temporal sederajat

 

strukturnya :

 

Abstraksi
Di suatu waktu yang tidak terprediksi terdapat 2 politisi muda yaitu Iqbal dan Adam yang sedang mengobrol di warung kopi.
Orientasi
Mereka terlibat percakapan yang sangat seru dengan membicarakan dunia politik yang sudah terdapat banyak teman mereka yang sangat kaya, Iqbal berkata bahwa sudah banyak teman mereka yang mempunyai baju termahal di Indonesia.
Krisis
Adampun binggung dengan perkataan Iqbal, lalu ia menanyakan kembali pada Iqbal apa yang dimaksud dengan baju termahal, dan Iqbal menjawab bahwa baju termahal se-indonesia adalah baju tahanan KPK karena orang yang bisa memakainya hanyalah orang yang telah mencuri uang rakyat Indonesia.
Reaksi
Adam yang semula bingung menjadi mengerti dengan penjelasan Iqbal, iapun lalu menghela nafas panjang.
Koda
Orang yang menjadi tahanan KPK adalah seorang politisi yang belum siap iman. Iqbal lalu berpesan kepada Awan agar mereka berdua bisa menahan nafsu untuk mengambil uang rakyat Indonesia sehingga tidak menjadi salah satu dari tahanan KPK tersebut.

Tentang Penulis

Dinda Marisa

dinda marisa

Tinggalkan Komentar