Tugas Siswa

TUGAS TEKS ANEKDOT “CUMA TAKUT TIGA RODA” KELAS X IIS 2

gfg
Dinda Marisa
Ditulis Oleh dinda marisa
Cuma Takut Tiga Roda
 
Suatu hari, saat Abdurahman Wahid menjabat sebagai Presiden RI, ada pembicaraan serius. Pembicaraan bertopik isu terhangat  dilakukan selesai menghadiri sebuah rapat di Istana Negara.
Diketahui, pembicaraan itu mengenai wabah demam berdarah dan kemacetan yang kala itu melanda kota Jakarta. Gus Dur pun sibuk memperbincangkan penyakit mematikan tersebut sebagai topik pertama yang dibahas.
“Menurut Anda, mengapa demam berdarah saat ini semakin marak di Jakarta Pak?” tanya seorang menterinya.
“Ya karena Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso melarang bemo, becak, dan sebentar lagi bajaj dilarang beredar di Kota Jakarta ini” Jawab Gus Dur.
“Loh pak, apa hubungannya?” Menteri pun binggung di buatnya dan bertanya-tanya dalam hati
“Padahal kan nyamuk sini cuma takut sama tiga roda! Harusnya pemerintah Jakarta membatasi jumlah kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Bukan hanya melarang kendaraan bemo,becak dan bajaj untuk beroprasi. Dan ada baiknya bajaj lama, diganti dengan bajaj baru yang lebih ramah lingkungan”  Jawab Gus Dur tegas.
CIRI KEBAHASAANNYA IALAH :
1.BERMAKNA KONOTASI
alasannya ialah
2.bermakna sindiran
“Padahal kan nyamuk sini cuma takut sama tiga roda! Harusnya pemerintah Jakarta membatasi jumlah kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Bukan hanya melarang kendaraan bemo,becak dan bajaj untuk beroprasi. Dan ada baiknya bajaj lama, diganti dengan bajaj baru yang lebih ramah lingkungan”
 alasannya :
3.mengandung retoris
alasannya
4.mengandung pelajaran
seharusnya tidak perlu melarang becak atau bajaj beroperasi karena itu adalah mata pencaharian mereka.
5.menggunakan konjungsi
 
STRUKTURNYA:
 
 
 
Abstraksi
Suatu hari, saat Abdurahman Wahid  menjabat sebagai Presiden RI terlibat pembicaraan yang serius setelah menghadiri sebuah rapat di Istana Negara dengan menterinya.
Orientasi
Pembicaraain itu mengenai wabah deman berdarah dan kemacetan yang kala itu melanda kota Jakarta, Gus Dur pun memperbincangkan penyakit mematikan tersebut sebagai topik pertama yang dibicarakan.
Krisis
Menteri bertanya kepada Gus Dur tentang penyebab wabah demam berdarah dan Gus Dur menjawab bahwa penyebab utamanya karena Gubernur DKI Jajkarta Sutiyoso melarang kendaraan beroda tiga..
Reaksi
Menteri yang bertanya menjadi binggung dibuatnya, lalu ia bertanya lagi maksud Gur Dur.
Koda
Gus Dur menjawab bahwa nyamuk hanya takut pada tiga roda, beliau juga berkata bahwa harusnya kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil yang dibatasi bukan becak,bemo dan bajaj yang digunakan rakyat untuk mencari rejeki.
 

Tentang Penulis

Dinda Marisa

dinda marisa

Tinggalkan Komentar