Blogger

Website WordPress dialihkan/redirect ke alopoy.com, utroro.com dan lain-lainnya.

Admin
Ditulis Oleh admin

Website WordPress dialihkan/redirect ke alopoy.com, utroro.com dan lain-lainnya.

Anda anda seorang admin wordpress mungkin sedang bingung menghadapi permasalahan yang aneh pada website WordPress anda.


Seringkali apabila mengakses website, kita dialihkan ke suatu halaman yang asing bagi kita.

Saya juga baru-baru ini menghadapi permasalahan tersebut, untuk menyelesaikan permasalahan ini saya mencoba untuk mencari referensi untuk menyelesaikan permasalahan ini, pengalihan ke halaman asing ini tentu sudah sangat mengganggu dan merugikan, si pengguna atau pengunjung website kita tidak mendapatkan informasi yang mereka ingin mereka dapatkan dari website kita, sebagai pemilik website, kita sangat dirugikan karena pengunjung otomatis berkurang dan berdampak turunnya earning adSense.

Saya membutuhkan beberapa hari untuk menyelesaikan permasalahan ini, banyak pencarian di Google mengatakan permasalahan tersebut disebabkan karena virus atau Malware di komputer, banyak software anti malware yang ditawarkan, saya mencoba untuk menginstal dan melakukan scan dengan software-software tersebut, tetapi hasilnya nihil.

Software-software tersebut tidak menyelesaikan masalah redirect ke halaman alopoy.com, utroro.com.

Akhirnya saya mencoba untuk melihat satu persatu kode pada website wordpress saya, skrip pertama yang harus diperiksa adalah bagian themes/namathemes/header.PHP dan themes/namathemes/footer.php.

Saya memiliki file website yang sudah di backup sebelum masalah ini terjadi, saya juga membuka header PHP hasil backup saya sebelumnya, lalu saya membandingkan dengan header PHP yang aktif saat ini.

Saya menemukan kode script JS yang tidak ada pada file php yang lama, script yang saya maksud:

Script backup, belum ada masalah redirect

Script header php saat masalah redirect

Gambar di atas tampak ada kode yang me request script JS yang ada di domain eedulements.com, curiga dengan kode tersebut saya mengkopikan linknya di Tab baru browser, hasilnya, tada….

Gambar diatas adalah tampilan dari Link tersebut, tampilannya sama dengan formulir captcha halaman website wordPress saya saat dialihkan, berarti kecurigaan saya benar dan sumber dari permasalahan ini adalah script yang tertanam di bagian header PHP.

Lalu timbul pertanyaan, darimana kode tersebut muncul? Padahal di file backup saya kode tersebut tidak ada, kenapa tiba-tiba muncul?

Mungkin jawabannya adalah saya sering bongkar pasang plug in dicoba-coba, bisa saja dalam plugin tersebut ada script-script tertentu tujuan untuk membuat back door untuk membobol keamanan website.

Cara Mengatasi Website WordPress dialihkan/redirect ke alopoy.com, utroro.com dan lain-lainnya.

Langkah pertama yang saya ambil adalah hapus scritpt/kode yang tertanam header PHP.
Selanjutnya, menghapus plug in yang tidak terpakai dan plug in berasal dari developer yang yang terpercaya.
Mengganti password admin dengan kombinasi yang rumit.
Mengganti password cpanel hosting

 

Demikian demikian cara saya menghadapi permasalahan Website WordPress dialihkan/redirect ke alopoy.com, utroro.com dan lain-lainnya.

Tentang Penulis

Admin

admin

Memastiksn Bindoline berjalan lancar

Tinggalkan Komentar