Teknologi

Xiaomi Mi A1 Resmi Meluncur, Smartphone Android One dengan Kemampuan Kamera Ganda

Xiaomi kemarin secara resmi meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama Mi A1. Berbeda dengan aneka smartphone yang pernah dirilis Xiaomi sebelumnya, Mi A1 ini merupakan smartphone yang masuk ke dalam proyek Android One yang digagas oleh Google.

Untuk mengingatkan, Android One merupakan inisiatif dari Google untuk menghadirkan smartphone dengan harga yang terjangkau dengan spesifikasi serta sistem operasi yang telah ditentukan oleh Google. Produk ini direncanakan dirilis di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Inisiatif ini pertama kali dimulai pada tahun 2014 lalu.

Karena masuk dalam inisiatif Android One, Xiaomi Mi A1 ini tidak menggunakan antarmuka MIUI yang merupakan ciri khas smartphone Xiaomi. Smartphone ini akan menggunakan antarmuka standar Android yang sama dengan yang digunakan pada smartphone Pixel. Selain itu, beragam aplikasi-aplikasi tambahan yang biasanya disertakan juga tidak akan dimasukkan ke dalamnya.

Xiaomi Mi A1 ini menggunakan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat. Xiaomi juga menyatakan bahwa smartphone ini akan mendapatkan pembaruan (update) sistem operasi Android 8.0 Oreo pada akhir tahun 2017 ini. Bahkan smartphone ini juga dijanjikan akan mendapatkan pembaruan hingga versi Android berikutnya yang hingga saat ini belum diresmikan oleh Google pada tahun 2018 mendatang.

Jika sebelumnya smartphone Android One memiliki spesifikasi entry-level yang sederhana, Xiaomi Mi A1 ini memiliki spesifikasi yang terbilang mumpuni. Smartphone ini menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 625 dengan RAM sebesar 4 GB. Lalu penyimpanan internalnya berkapasitas 64 GB dengan tambahan selot kartu memori microSD. Layarnya sendiri memiliki ukuran 5,5 inci dengan resolusi full HD. Dengan spesifikasi seperti itu, Xiaomi Mi A1 ini bisa dibilang masuk ke kelas menengah.

Selain itu, Xiaomi Mi A1 ini juga dibekali dengan kamera ganda di belakangnya. Kedua kameranya memiliki resolusi 12 mega pixel dengan lensa kamera kedua merupakan lensa tele dengan zoom dua kali. Dengan begitu, smartphone ini akan mampu menciptakan foto dengan efek bokeh yang memiliki latar belakang yang kabur. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 mega pixel.

Xiaomi Mi A1 ini telah resmi diluncurkan di India dan mulai dijual pada 12 September 2017 mendatang dengan harga yang sangat menarik, yaitu sekitar US$230. Smartphone ini juga akan menyambangi negara-negara lain, kemungkinan juga termasuk Indonesia. Meskipun begitu, belum ada informasi resmi mengenai jadwal kehadirannya di Indonesia.

Tanggapan Kamu

komentar

قالب وردپرس

Tentang Penulis

Albert Aprillio

albert aprillio

Tinggalkan Komentar